Direktur Bank Dunia Tawarkan Kerja Sama dengan Indonesia

Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi
Sumber :

VIVA – Di sela-sela acara World Food Summit  ‘Better Food for More People’, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi melakukan  Billateral Meeting dengan Nathan M.Belete selaku Direktur World Bank untuk Asia Timur dan Asia Pasific di Borsen-Copenhagen 30 Agustus 2018 waktu Denmark.

Jagung Pemberian Kementan Buat Peternak Dikritik karena Ini

Mengawali billateral, Agung menyampaikan bahwa KTT saat ini lebih fokus pada bagaimana negara-negara membuat rencana aksi untuk mewujudkan pangan yang lebih berkualitas, fokus negara-negara berkembang dan negara maju sudah melangkah ke depan bukan hanya peningkatan produksi saja, namun sudah mengarah ke food industry dan food safety.

Hal senada disampaikan Nathan, menurutnya food safety merupakan bagian dari ketahanan pangan. Untuk itu pihaknya, menawarkan kerja sama pengembangan food security and food safety di Indonesia.

Polemik Data Jagung Surplus Saat Harga Mahal, Ini Dia Masalahnya

"I need to offer this collaboration and hopefully we can discuss it as soon as possible," ujar Nathan.

Agung menyambut baik rencana penawaran tersebut, dan berharap dapat segera terwujud.

Petani Porang di Jawa Timur Girang Disubsidi Pupuk

"I'm most welcome, and we can meet in Jakarta as soon as possible," respon Agung.

Dalam konteks ini Agung berharap, World Bank lebih meningkatkan perannya dalam mewujudkan ketahanan pangan pada setiap level dari negara hingga level individu, khususnya negara-negara Asia Tenggara dan Asia Pasifik secara umum. Sedangkan untuk Indonesia, menurut Agung, World Bank sudah menjalin kerjasama dalam bidang pengembangan sumber daya manusia dan highland agriculture.

Agung berharap, dengan adanya rencana perluasan kerjasama ke arah food security dan food safety akan memperkuat sistem ketahanan pangan Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya