BKP Kementan Kembangkan Usaha Pengolahan Pangan Lokal

BKP Kementan Kembangkan Usaha Pengolahan Pangan Lokal
Sumber :

VIVA – Untuk mendukung dan mempercepat penganekaragaman konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Perikanan dan Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman terkait pengembangan usaha pengolahan pangan lokal.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Penandatanganan ini merupakan bagian dari acara Lustrum XI Fakultas Teknologi Pertanian UGM yang diselenggarakan, Selasa 18 September 2018 di Graha Sabha Pramana UGM.

Kepala BKP Agung Hendriadi dalam sambutannya mengatakan, pengembangan usaha pengolahan pangan menjadi penting mengingat masih tingginya hasil pertanian yang terbuang (food losses and waste) selama proses penanganan hasil pertanian mulai dari panen hingga saat konsumsi.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

"Food losses ini dapat diminimalisir dengan memanfaatkan teknologi yang dapat memperpanjang masa simpan, baik dalam bentuk asal maupun dengan mengolah hasil pertanian menjadi pangan olahan," jelas Agung.

Masih menurut Agung, bila kita kelola dengan baik, pangan yang berpotensi akan terbuang tersebut dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi penduduk.

Rekomendasi Sandal Stylish dan Nyaman untuk Hari Raya Lebaran

Sedangkan Menteri Kelautan dan Perikanan yang diwakili Kepala Badan Riset dan Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan, Sjarief Widjaja, mendukung penuh pengembangan usaha pengolahan produk perikanan.

"Dengan teknologi pengolahan pangan, akan dapat meningkatkan daya saing produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya

Dalam Nota Kesepahaman ini, para pihak terkait akan melakukan pengembangan dan promosi produk pangan lokal segar yang aman dan sehat, dan pengembangan usaha pengolahan pangan lokal.

Acara ini dihadiri lebih dari 2.500 peserta yang merupakan alumni dan mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian dari 54 angkatan serta masyarakat umum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya