Gelar Pangan Nusantara Momentum Kembangkan Pangan Lokal Indonesia

Gelar Pangan Nusantara (GPN) 2018 27-29 Juli 2018 di Balai Kartini
Sumber :

VIVA – Gelar Pangan Nusantara (GPN) 2018 yang diselenggarakan sejak 27-29 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta mampu menarik ribuan pengunjung untuk mengetahui berbagai potensi pangan lokal Nusantara, yang dikemas dalam bentuk pameran, keragaan, talkshow dan lainnya.

Panen Raya di Purwakarta Jelang Lebaran Dimassifkan Perkuat Ketahanan Pangan

GPN yang digagas Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian diikuti 100 peserta baik pemerintah pusat, daerah, BUMN, UKM dan lainnya.

"Dengan banyaknya jumlah pengunjung, kami harapkan mampu mensosialisasikan begitu kayanya potensi bahan pangan lokal nusantara kita," kata Kepala BKP Kementan Agung Hendriadi kepada pers di hari terakhir GPN, Minggu 29 Juli 2018.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

"Melalui pameran, talkshow, temu bisnis dan lainnya, GPN ini juga telah merubah paradigma masyarakat dalam mengkonsumsi pangan, yaitu penganekaragaman pangan melalui pangan beragam, brgizi seimbang dan aman," tambah Agung.

Selama tiga hari penyelenggaraan pameran, terlihat respon cukup antusias dari masyarakat untuk mengetahui lebih jauh potensi pangan lokal dan keanekaragaman pangan yang ada di nusantara.

Blusukan ke Riau, Satgas Pangan Polri Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Melalui GPN tahun ini yang mengangkat tema "Menjadikan Pangan Lokal Nusantara Berdaya Saing Global", telah terjadi pertukaran informasi dan promosi serta menjalin kemitraan bisnis dan pasar.

Melalui talkshow yang menghadirkan para pakar dibidangnya, pengunjung mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang tekhnologi dan pemasaran pangan lokal terkini untuk mendorong pengembangan pangan lokal yang ada.

Agung Hendriadi menuturkan bahwa rangkaian GPN bukan sekedar seremonial semata, namun dapat dimaknai sebagai usaha kita dalam rangka mempromosikan pemanfaatan dan pengembangan pangan nusantara, serta menggali peluang dan membangun kerja sama seluruh stakeholder terkait pengembangan pangan nusantara untuk dapat berdaya saing global.

“Dengan berakhirnya pelaksanaan GPN ini tidak berarti bahwa upaya kita untuk mengembangkan pangan nusantara berdaya global hanya sampai disini namun justru dapat dijadikan momentum untuk lebih mengembangkan penganekaragaman pangan berbasis sumberdaya lokal,”kata Agung.

Menandai berakhirnya GPN, Agung menyerahkan hadiah pertama doorprize berupa Sepeda. "Selamat .. ya," kata Agung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya