Ulang Tahun Ke-63 di Masa Pandemi, LAN Rayakan Secara Virtual

HUT Lembaga Administrasi Negara (LAN) ke-63 dirayakan secara virtual.
Sumber :

VIVA – Perayaan HUT Lembaga Administrasi Negara (LAN) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini perayaan HUT LAN ke-63 di masa pandemi diselenggarakan secara virtual.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Masa pandemi juga sekaligus menjadi tantangan bagi LAN, bangsa ini, dan semua negara untuk bekerja lebih keras menemukan solusi agar situasi dapat kembali normal seperti sedia kala.

“Di tengah-tengah pandemi ini kita telah berusaha sekuat tenaga agar semua pegawai mendapatkan kesehatan dari awal sejak Covid-19 muncul. Berbagai kebijakan telah dibuat agar semua pegawai bisa sehat. Kita senantiasa menghimbau kepada pegawai untuk bersama mencegah penyebaran covid-19 dengan berbagai macam cara melalui penerapan protokol penanganan covid dan peningkatan imunitas melalui kegiatan olahraga secara rutin,” jelas Adi Suryanto, M.Si dalam sambutannya pada acara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-63, Jakarta, Kamis (6/8).

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Adi Suryanto menjelaskan bahwa dengan keadaan sekarang kita tidak boleh terlalu takut untuk beraktivitas karena kita sebagai ASN adalah penggerak sekaligus pendorong agar masyarakat tetap bekerja dan birokrasi tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Demikian juga dalam konteks pengembangan kompetensi ASN, saya kira masih banyak sampai hari ini ucapan selamat kepada LAN diiringi harapan yang tinggi dari Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang berharap LAN dapat menjadi pencerah birokrasi, memodernisasi serta menjaga kemandirian NKRI.

Mendagri Sebut 240 ASN Terbukti Langgar Aturan Netralitas di Pemilu 2024

Banyak orang juga berharap LAN tetap mencetak kader-kader yang kolaboratif, produktif dan inovatif. Selain itu, harapan bagi LAN untuk senantiasa berperan sebagai penggerak motor-motor inovasi sektor publik dan kajian-kajian administrasi negara yang berkualitas.

Harapan-harapan ini menjadi energi bagi kita untuk membangun birokrasi berkelas dunia sebagai sebuah ikhtiar untuk memformulasikan terobosan-terobosan baru yang kreatif.

“Di satu sisi pandemi adalah wabah, di sisi lain ini bisa kita maknai sebagai golden opportunity untuk mencari terobosan-terobosan baru membangun birokrasi yang berkualitas. Kini kita melihat pengembangan kompetensi sudah ramah teknologi dimana sebelum wabah covid hal tersebut jarang sekali kita temui. Berbagai diskusi telah dilakukan untuk mengarah penggunaan teknologi dalam pengembangan kompetensi. Kita berharap ke depan kita bisa bersama-sama mewujudkan ASN Unggul untuk memperkuat daya saing bangsa.” tambah Adi.

Selain itu, sebagai upaya LAN berkontribusi dalam mencetak profil ASN yang berintegritas profesional, netral dan berkinerja tinggi terutama di tengah pandemi Covid-19, dalam kesempatan yang sama LAN me-launching  asn-unggul.lan.go.id sebagai platform e-learning dalam upaya pengembangan ASN melalui pemanfaatan teknologi informasi dengan metode pelatihan jarak jauh (e-learning). 

Kedepannya, asn unggul ini akan bermetamorfosa menjadi learning management system bagi ASN secara nasional untuk mencetak ASN yang profesional serta mewujudkan birokrasi berkelas dunia yang menghantarkan menuju indonesia emas 2045. Tidak hanya  platform ASN unggul, dalam kesempatan ini  LAN juga me-launching website LAN baru dengan tampilan dan konten yang baru yang lebih mudah untuk diakses oleh seluruh ASN di Indonesia. 

Turut hadir melalui fasilitas video conference: JB Kristiadi (Ketua LAN RI,1990-1998), Asmawi Rewansyah (Kepala LAN RI, 2008-2012), Ibu Agus Dwiyanto, Muhammad Yusuf Ateh (Kepala BPKP), Imam Gunarto (Sekretaris Utama ANRI), Ernadhi Sudarmanto (Sekretaris Utama BPKP), Dwi Wahyu Atmaji (Sekretaris Menteri PAN dan RB), Supranawa Yusuf (Sekretaris Utama BKN), Tuasikal Abua (Bupati Maluku Tengah), Iti Octavia Jayabaya (Bupati Lebak), Erlina (Bupati Mempawah), Edi Ariadi (Walikota Cilegon), dan Dharma Wanita Persatuan LAN.

Dalam kesempatan, LAN juga memberikan apresiasi kepada pada stakeholder melalui pemberian LAN Award. Beberapa penghargaan yang diberikan yaitu: 

Penghargaan INAGARA yang diraih oleh Pemkab Maluku Tengah, Pemkab Lebak, Pemkab Mempawah dan Pemkot Cilegon;

Penghargaan sebagai  Lembaga Pelatihan Pemerintah Berprestasi Tahun 2020: Agile Learning Centre for Agile Governance: Kategori Lembaga Pelatihan Pemerintah Pusat Terakreditasi Pelatihan Kepemimpinan dan Pelatihan Dasar CPNS yang diraih oleh Balai Besar Pelatihan Kesehatan Ciloto Kemenkes, Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta Kementerian PUPR, Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPS;

Penghargaan sebagai Lembaga Pelatihan Pemerintah Berprestasi Tahun 2020: Agile Learning Centre for Agile Governance: Kategori Lembaga Pelatihan Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota Terakreditasi Pelatihan Kepemimpinan dan Pelatihan Dasar CPNS yang diraih oleh BPSDM Provinsi Jawa Tengah, BPSDM Provinsi Jawa Timur dan Badan Diklat DIY;

Penghargaan sebagai Lembaga Pelatihan Pemerintah Berprestasi Tahun 2020: Agile Learning Centre for Agile Governance: Kategori Lembaga Pelatihan Pemerintah Pusat Terakreditasi Pelatihan Teknis dan Fungsional yang diraih oleh Puslatbang Pengadaan Barang/Jasa, LKPP, Puslatbang Pengawasan BPKP, Balai Pelatihan Kesehatan Cikarang, Kemenkes;

Penghargaan kepada Analis Kebijakan untuk Indonesia Award yang diraih oleh Nur Asih, S.Sos, M.P.P,Riska Pujiati, SE., M.Sc., M.Si, dan Rudi, S.IP., M.Si; 

Penghargaan kepada Widyaiswara Berprestasi yang diraih oleh Ns. Sri Suprapti, S.Kep., MMRS.,Eny Usmawaty, M.Pd. dan Dwi Ari Wibawa, S.IP., M.M; dan Penghargaan kepada Mahasiswa Terbaik Sarjana dan Pascasarjana STIA LAN Jakarta yang diraih oleh Dewi Zulfana dan Nining Yuliana; STIA LAN Bandung yang diraih oleh Kin Kin Lukina Hakim dan Nurhakim Ramdhani Fauzian; serta STIA LAN Makassar yang diraih oleh Rini Hartika dan Sukmawaty.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya