Wujudkan ASN Unggul, LAN Luncurkan Platform Belajar Digital

LAN Launching Platform e-learning untuk ASN Unggul.
Sumber :

VIVA – Indonesia saat ini tengah berbenah menyongsong era baru Indonesia Emas 2045 dan memasuki digitalisasi birokrasi.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Jika Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat mempersiapkan diri dengan baik dan matang dalam menyambut era ini, maka bangsa Indonesia akan berada di jajaran terdepan bersama dengan negara maju lainnya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si saat melaunching Platform ASN Unggul pada Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun LAN ke-63, di Kantor LAN Jalan Veteran 10 Jakarta Pusat, Kamis (6/8). 

Menpan-RB Sebut ASN 38 Kementerian-Lembaga Prioritas Pindah ke IKN setelah Agustus

Lebih lanjut Adi Suryanto menyampaikan, menyadari peran strategis ASN tersebut, dan menyikapi Pandemi Covid-19 yang sebelumnya tidak diperhitungkan sama sekali, maka LAN mengembangkan berbagai strategi dan metode pelatihan yang lebih fleksibel, namun tetap efektif dan efisien untuk mewadahi penyelenggaraan kebutuhan pelatihan ASN, serta dapat menghilangkan kendala jarak, waktu, dan anggaran.

“Kita menyadari bersama bahwa pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara optimal akan dapat mendukung strategi pelatihan secara digital. Untuk itu, sejak tahun 2019 LAN telah mengembangkan platform e-Learning yaitu “ASN Unggul” yang beralamatkan pada: asn-unggul.lan.go.id,” tambahnya.

Menpan-RB Sebut Setiap ASN di IKN Dapat Satu Unit Hunian Apartemen Seluas 98 Meter Persegi

Berkat adanya platform ASN Unggul ini, maka meskipun dalam kondisi Pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembatasan jarak fisik dan sosial, kegiatan pelatihan ASN tetap dapat berlangsung secara online dan jarak jauh (distance learning).

Bahkan di era New Normal nantinya, pelatihan secara online seperti ini, tetap akan didorong karena terbukti sangat diminati pada satu sisi dan pada sisi lain bisa menghemat anggaran dan resource lainnya secara signifikan.

“Saya berharap ke depan dan dalam waktu yang tidak terlalu lama, platform ASN Unggul ini dapat bermetamorfosa menjadi sebuah _learning management system bagi ASN secara nasional, untuk kemudian mampu mencetak ASN profesional yang akan melahirkan Birokrasi Kelas Dunia dan mengantarkan perwujudan Indonesia Emas 2045.” tutup Adi Suryanto.

Kepala Biro Hukum dan Humas LAN, Tri Atmojo Sejati menambahkan bahwa platform ASN Unggul merupakan wujud komitmen LAN sebagai Instansi Pembina Pelatihan untuk mengakomodasi penyelenggaraan pelatihan ASN secara digital, yang pastinya sangat dibutuhkan, terlebih pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Pelatihan ASN tidak boleh berhenti karena pandemi, untuk itu platform ASN Unggul ini bisa menjadi salah satu solusi inovasinya,” tambah tri atmojo (Humas LAN).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya