Angkatan Laut Rusia Siapkan Ratusan Rudal Hipersonik Baru

VIVA Militer: Rudal hipersonik milik Rusia, 3M22 Zircon
Sumber :
  • Military.com

VIVA – Ratusan rudal hipersonik dipastikan bakal menambah kekuatan tempur Angkatan Laut Rusia. Komandan Angkatan Laut Rusia (VMF), Laksamana Alexander Moisev, memastikan armadanya akan dilengkapi dengan rudal hipersonik baru.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Moisev menjelaskan bahwa akan ada lebih dari 180 rudal hipersonik baru yang akan dipasang di kapal-kapal perang, dan kendaraan tempur lainnya. 

Selain untuk memperkuat pertempuran laut, Moisev juga menyebut bahwa rudal hipersonik baru ini akan dipakai oleh pasukan Angkatan Darat Rusia (SVR). Rudal hipersonik juga akan menjadi andalan pasukan Angkatan Darat untuk melindungi dan mengendalikan pantai.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

"Lebih dari 180 senjata dan artileri militer akan diadaptasi untuk digunakan dalam kondisi (Laut) Arktik yang keras, dan akan diberikan kepada pasukan darat untuk menjaga dan melindungi pantai," ujar Moisev dilansir Krasnaya Zvezda

"Rudal hipersonil memungkinan akan dapat meningkatkan kapasitas armada tempur secara kualitatif," katanya.

Pria di Florida Todongkan Pistol ke Pegawai McDonald's Hanya Gegara Saus

Meski demikian, Moisev menyebut bahwa pihaknya akan lebih dulu menguji rudal-rudal hipersonik ini. Menurut Moisiev, pengujian tak hanya akan dilakukan terhadap rudal hipersonik, tetapi juga kepada senjata-senjata yang sudah ada.

"Senjata baru ini, termasuk senjata (yang sudah ada) akan terus diuji," ucap Moisev.

Di sisi lain, Rusia sudah memiliki rudal hipersonik generasi pertama, 3M22 Zircon. Rudal ini diproduksi Rusia sejak 2012 dan pertama kali menjalani uji coba pada 3 Juni 2017. Rudal 3M22 Zircon memiliki kecepatan mencapai 8 Mach, atau setara dengan 9.800 kilometer per jam, dan mampu menjangkau jarak 400 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya