Sosok Raja Perang Darat Rusia yang Diborong Mesir dan Ditakuti Israel

VIVA Militer: Parade militer Rusia.
Sumber :

VIVA – Mesir memborong ratusan tank tempur andalan milik Rusia, dalam catatan perjanjiannya disebutkan tank yang dibeli adalah jenis T-90MS.

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Aksi borong tank Mesir dikabarkan telah membuat Israel meradang, negeri Yahudi bahkan dilanda ketakutan pembelian tank berjuluk raja perang darat dunia itu bakal mengancam keamanan nasionalnya.

Padahal sebenarnya Mesir bukan negara miskin alat perang lho, terbukti saat ini mereka telah memiliki banyak jenis tank. Tercatat Mesir telah memiliki 34 tank T-80U dan 1.100 M1A1 Abrams. 840 T-54/55 unit dan 260 tank Ramses II (modernisasi Amerika T-54/55) berada dalam penyimpanan. Dari 500 T-62 unit, hanya 200 yang beroperasi, sisanya masih dalam penyimpanan. Masih ada 300 M60A1 Amerika tua dan 850 M60A3

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Lalu seberapa mengerikan kah Tank T90MS milik Rusia itu hingga Israel begitu ketakutan? Mari kita intip kehebatan tank yang satu ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA Militer, Rabu 1 Juli 2020, sebenarnya Tank T90-MS merupakan hasil modernisasi dari tank tempur utama Rusia, T-90 atau MBT yang dibuat Uralvagozavod.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Tank modern ini dibuat awalnya hanya untuk memperkuat Angkatan Darat Rusia. Namun, akhirnya tank ini juga diproduksi untuk dijual ke berbagai negara di dunia.

T-90MS pertama kali dipamerkan ke publik dalam Lengan Expo Rusia di Nizhny Tagil pada 2011, lalu di DEFEXPO 2012 di New Delhi, India, serta IDEX 2013 di Abu-Dhabi, UEA. Kemudian China memberi julukan T-90MS sebagai Raja Perang Darat Dunia.

Memang sih T-90MS dibuat dengan tingkat perlindungan yang jauh lebih unggul dari tank generasi sebelumnya. Tank ini juga memiliki daya pikat pada daya tembak yang mumpuni.

Tank yang memiliki bobot hampir 5 ton, T-90MS biasa menampung 3 awak termasuk seorang pengemudi, komandan tank dan penembak.

Tank ini juga disebut paling nyaman dikendarai sebab di dalamnya dilengkap pendingin udara atau AC opsional. Tank juga dilengkap generator diese tambahan yang menghasilkan daya listrik paling kecil 7 kilowatt.

Senjata

Senjata utama T-90MS adalah meriam berakurasi tembak tinggi 125 milimeter 2A46M-5. Meriamnya juga bisa menembakkan berbagai jenis amunisi. Kapasitas tangki senjata juga besar mampu menampung 40 butir amunisis 125 mm.

Tak hanya itu saja, T-90MS juga mampu menyerang pesawat tempur karena dilengkapi senapan mesin anti-pesawat 7,62mm 6P7K. Jadi senjata itu mampu menghancurkan target bergerak atau juga diam. Dan daya tampung amunisinya juga besar, mampu membawa 2.000 butir amunisi 7.62mm dan 800 kartrid.

Pelindung

Di belakang dan samping tank dipasang panel modular armor peledak reaktif alias ERA. Alat ini mampu melindungi tank dari serangan senjata kevil dan serpihan shell.

Pada lambung depan dan turret dilengkapi dengn Relikt ERA. Alat ini melindungi tank dari serangan rudal anti-tank. Bahkan tank dibekali sistem perlindungan PKUZ-1a NBC (Nuklir, Biologi dan Kimia), jadi tank ini benar-benar aman dari serangan nuklir dan senjata kimia.

Yang hebatnya lagi ada sistem penyaringan opto-elektronik, sistem perlindungan elektronagnetik dan peralatan tempur cepat. Di lambung belakang turret dipasangi slat armor untuk mesin dan kompartemen amunisi dari serangan roket dan granat.

Awak tank juga dilindungi dengan panel anti-fragmentasi yang terbuat dari kain aramid. Dengan panel ini awak akan terhindar darifluks sekunder fragmen tank.

Tank ini sangat wajar disebut paling modern, sebab sistem penglihatan panoramic commander dikombinasikan dengan televisi dan saluran termal dan pencari jangkauan laser. Saluran penampakan dapat mengidentifikasi target pada jarak maksimum 5.000 m. Kisaran minimum untuk identifikasi target melalui saluran termal adalah 3,500m. Pencari jangkauan laser dapat mengidentifikasi target pada kisaran maksimum 7.500m.

Sistem kontrol api Kalina dari MBT menggabungkan pandangan penembak utama multisaluran yang terdiri dari penampakan dan saluran termal, pencari jangkauan laser dan saluran kontrol laser built-in. Sistem kontrol kebakaran juga menggabungkan penglihatan paralel dengan saluran penglihatan dependen. Tangki dapat mengidentifikasi target pada kisaran minimum 2.000 m di siang hari dan 1.000 m di sore hari.

Varian tangki T-90 juga terdiri dari komputer balistik digital yang menampilkan unit transmisi cuaca dan topografi dan monitor kelurusan barel. Pelacakan target otomatis diamankan secara otonom dari stasiun penembak dan komandan dengan menerapkan mode penembak-pemburu.

Tangki ini juga dilengkapi dengan penstabil senjata senjata dua sumbu yang disempurnakan dengan lintasan daya elektro-mekanis dan peningkatan daya elektro-hidraulik.

Mesin dan mobilitas MBT modern

Tank ini memakai mesin diesel 12 silinder V-92S2F yang menghasilkan output daya maksimum 1.130 hp. Mesin digabungkan ke transmisi otomatis dengan tujuh gigi maju dan satu gigi mundur.

Tank tempur utama T-90MS memiliki suspensi batang torsi yang mengintegrasikan enam peredam kejut tipe baling-baling hidrolik, serta enam roda jalan dan tiga roller penopang track per sisi. Ini dapat mencapai kecepatan 60 km / jam dan jangkauan 550 km. Ia dapat mengarungi kedalaman 1,8 m, sementara kedalaman pijakan maksimumnya dengan USCE adalah 5 m.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya