Rusia Kembali Kirim Pasukan ke Libya untuk Perkuat Pasukan Haftar
Rabu, 1 Juli 2020 | 17:04 WIB

Rusia Kembali Kirim Pasukan ke Libya untuk Perkuat Pasukan Haftar

Tudingan disampaikan oleh pejabat Eropa dan Libya
VIVA Militer: Tentara bayaran Rusia di Suriah
Photo :
  • Middle East Monitor

VIVA Militer: Tentara bayaran Rusia di Suriah

VIVA – Rusia pekan lalu dikabarkan kembali mengirimkan sejumlah pasukan militer dalam jumlah besar untuk membantu kelompok Tentara Nasional Libya (LNA) pimpinan Khalifa Haftar di Libya. Kabar pengiriman pasukan militer Rusia ke Libya ini sangat mengagetkan dunia internasional. Pasalnya, pengiriman pasukan militer Rusia ini dilakukan ditengah upaya Presiden Rusia Vladimir Putin dalam melobi sejumlah negera pendukung Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) Libya seperti Prancis dan Italy untuk melakukan gencatan senjata di Libya.

Menurut pejabat Eropa dan Libya, pengiriman pasukan oleh Rusia diduga kembali dilakukan oleh kontraktor militer swasta Rusia untuk membantu pasukan pimpinan Haftar mengambil kendali atas ladang minyak terbesar di Libya. Namun sayangnya mereka tidak menyebutkan nama perusahaan kontraktor swasta Rusia tersebut.

Para pejabat militer Amerika Serikat (AS) mengatakan, pengiriman pasukan militer oleh Rusia itu tidak menutup kemungkinan diikuti dengan pengiriman senjata untuk memperkuat pasukan LNA pimpinan Khalifa Haftar yang saat ini tengah terpojok dalam menghadapi pasukan militer Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang didukung oleh Turki.

"Rusia juga telah mengirim jet tempur MiG-29 dan sistem radar canggih," dikutip VIVA Militer dari Anadolu, Rabu, 1 Juli 2020.