Pentagon Dukung Vietnam Kecam Latihan Militer China di Laut Selatan

Laut China Selatan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) angkat bicara tentang kegiatan latihan militer yang dilakukan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) di Pulau Paracel dekat Vietnam wilayah Laut China Selatan. Menurut Pentagon, latihan militer di lokasi atau tempat yang yang disengketakan di Laut China Selatan dapat menciptakan ketegangan dan mengganggu stabilitas internasional.

China Gelar Kompetisi Sunat Online, Diikuti Puluhan Dokter Bedah

"Tindakan China akan semakin mengganggu kestabilan situasi di Laut Cina Selatan," kata Departemen Pertahanan AS dikutip VIVA Militer, Sabtu, 4 Juni 2020.

Dia menambahkan, latihan militer yang dilakukan China telah melanggar komitmen China atas Deklarasi 2002 tentang Perilaku Para Pihak di Laut China Selatan. Sehingga Pentagon mendesak China untuk mengurangi militerisasi dan paksaan atas klaim maritim di wilayah Laut China Selatan kepada para tetangganya di perairan.

Mobil Baru BYD Rp200 Jutaan Mulai Dikirim ke Diler

Sebagaimana diketahui, baru-baru ini Administrasi Keselamatan Maritim Provinsi Hainan China telah mengumumkan rencana untuk mengadakan latihan militer di dekat Kepulauan Paracel Vietnam dari 1-5 Juli. Latihan militer China itu mendapatkan protes keras dari Vietnam dan Filipina. Vietnam dan Filipina kompak meminta agar China menghentikan seluruh aktivitas pengklaiman yang dilakukan di Laut China Selatan.

Baru : China Berulah, Vietnam dan Filipina Kecam Latihan Militer China

5 WN China Tewas dalam Serangan Bom Bunuh Diri di Pakistan
Ilustrasi hacker.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Amerika Serikat pada Senin, 25 Maret 2024 mengumumkan penuntutan terhadap tujuh warga negara China atas tuduhan melakukan kampanye peretasan jahat yang disponsori negara.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024