Jet Pembantai Tentara Turki Diduga Pesawat yang Mau Diborong Prabowo
Rabu, 8 Juli 2020 | 06:00 WIB

Jet Pembantai Tentara Turki Diduga Pesawat yang Mau Diborong Prabowo

7 tentara Turki dalam serangan jet misterius itu.
VIVA Militer: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
Photo :

VIVA Militer: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

VIVA – Identitas jet misterius yang menyerang markas militer Turki di Pangkalan Udara al-Watiya, Libya, perlahan mulai terkuak. Ada yang menyebutkan bahwa penyerangan memakai pesawat tempur canggih milik Prancis berjenis Dassault Rafale.

Hal ini diungkapkan 218news dalam pemberitaannya seperti dikutip VIVA Militer, Rabu 8 Juli 2020. Disebutkan identitas jet misterius itu diungkap seorang sumber militer terpercaya media tersebut.

Serangan dilakukan dari jarak sekitar 70 kilometer dari Pangkalan Udara al-Watiya. Hanya satu Pesawat Tempur Dassault Rafale yang dikerahkan untuk menghancurkan tempat yang sedang dihuni tentara Turki dan tentara dari Negara Kesepakatan Nasional atau GNA.

Ada 9 sembilan serangan yang dilancarkan dan menyebabkan 7 tentara Turki tewas. Dan satu sistem pertahanan udara milik Turki hancur.

Menurut sumber itu, serangan rudal-rudal yang menghantam al-Watiya tak terdeteksi sistem pertahanan udara karena dilakukan dari area yang tak terjangkau pantauan sistem pertahanan udara Turki. Disebutkan sistem pertahanan udara Turki hanya mampu mendeteksi aktivitas udara dalam batas maksimal 30 sampai 40 kilometer saja.