Gawat, Pasukan Elite Angkatan Laut China Sudah Dekat dengan India
Sabtu, 1 Agustus 2020 | 07:02 WIB

Gawat, Pasukan Elite Angkatan Laut China Sudah Dekat dengan India

China juga mengirim sejumlah kapal perang ke dekat perbatasan India.
VIVA Militer: Pasukan elite Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN)
Photo :
  • South China Morning Post (SCMP)

VIVA Militer: Pasukan elite Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN)

VIVA – Pasca bentrokan berdarah antara pasukan Angkatan Bersenjata India (BSS) dan Tentara Rakyat China (PLA) di Ladakh, 15 Juni 2020, situasi di Ladakh dan sepanjang perbatasan China-India memang terbilang kondusif. Akan tetapi, kedua militer negara terus memobilisasi pasukan dan artileri di sekitar wilayah tersebut.

Hubungan antara China dan India saat ini jadi yang terburuk dalam 50 tahun terakhir, pasca Perang Sino-India pada 1962. China yang berambisi untuk menjadi salah satu negara adidaya di dunia, terus menunjukkan kekuatan militernya.

Yang terbaru, Tentara Pembebasan Rakyat China kembali mengambil langkah strategis dalam konflik dengan India. Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari Sputnik News, sebuah foto citra satelit menangkap aktivitas militer China di wilayah Danau Pangong Tso.

Laporan itu menyebut bahwa foto-foto itu dirilis oleh sebuah agensi swasta, Maxar Technology. Meski tidak terverifikasi dan belum jelas kebenarannya, namun foto-foto itu menunjukkan bahwa ada aktivitas masif di sekitar Danau Pangong Tso, Himalaya.