Janji Komandan Angkatan Darat AS Bakal Bikin China Mati di Pasifik

Janji Komandan Angkatan Darat AS Bakal Bikin China Mati di Pasifik

Rabu, 5 Agustus 2020 | 00:03 WIB
Semua serangan akan dilancarkan Angkatan Darat Amerika.
VIVA Militer: Komandan Angkatan Darat AS, Jenderal James Charles McConville
Photo :
  • DVIDS

VIVA Militer: Komandan Angkatan Darat AS, Jenderal James Charles McConville

VIVA – Tak hanya di wilayah Laut China Selatan, fokus Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Armed Forces) juga menganggap teritorial daratan akan sangat penting. Oleh sebab itu, militer Amerika dipastikan takkan membiarkan hegemoni China dan partai komunisnya mencengkram Indo-Pasifik.

Komandan Angkatan Darat Amerika, Jenderal James Charles McConville, menganggap bukan cuma China yang menjadi ancaman. Di satu sisi, Rusia juga adalah musuh terdekat yang memiliki pengaruh signifikan. Seperti yang diketahui, Rusia dan China adalah sekutu yang menjadi kompetitor terbesar Amerika.

Dalam laporan Defence Talk yang dikutip VIVA Militer, McConville sempat melakukan perjalanan ke sejumlah negara di kawasan Indo-Pasifik untuk bertemu dengan sejumlah panglima militer. Pasca kunjungannya, perwira tinggi berusia 61 tahun itu punya asumsi baha ada banyak negara yang menginginkan perang.

Meski demikian, McConville tetap yakin bahwa persaingan kekuatan negara-negara raksasa bukan berarti harus dibuktikan dalam konflik horizontal. McConville mengerti betul bahwa sejumlah negara di kawasan Indo-Pasifik menginginkan stabilitas keamanan dan perdamaian. Oleh sebab itu, McConville merasa negara-negara di wilayah ini harus menjadi sekutu Amerika.

Berita Terkait :
Saksikan Juga