Gara-gara Salah Tembakan Rudal, Iran Merugi

Gara-gara Salah Tembakan Rudal, Iran Merugi

Kamis, 6 Agustus 2020 | 12:36 WIB
Iran akan bayar kompensasi salah tembak pesawat Ukraina Airlines
VIVA Militer: Rudal balistik Iran
Photo :
  • The National Interest

VIVA Militer: Rudal balistik Iran

VIVA – Masih ingatkah anda dengan peristiwa jatuhnya pesawat Ukraina Interational Airlines (UIA) jenis Boeing 737-800 dengan nomer penerbangan PS752 yang meledak secara misterius di Taheran, Iran pada 8 Januari 2020 silam. 

Iya, pesawat tujuan Kiev, Ukraina yang membawa sekitar 176 masyarakat sipil itu ternyata meledak dan jatuh karena tembakan rudal pasukan Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) selang beberapa menit setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini, Iran. 

Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Mohsen Baharvand pun pada akhirnya mengakui bahwa pesawat Ukraina Airlines itu jatuh akibat dua rudal anti-pesawat yang bernama TOR buatan Rusia milik Angkatan Bersenjata Iran secara tidak sengaja menyasar 'burung baja' itu di langit Taheran.

Menurut Baharvand, dua rudal anti-pesawat itu salah sasaran dikarenakan kelalaian operator atau human error. Atas insiden salah tembak itu, 176 awak pesawat tewas seketika.

Baharvand mengatakan, pemerintah Iran akan bertanggung jawab atas insiden salah tembaknya dua rudal anti-pesawat TOR milik Angkatan Bersenjata Iran itu. Dia bersedia untuk membayar segala kerugian atau kompensasi kepada para keluarga korban tewas yang disebabkan dari insiden salah tembak rudal yang menyebabkan jatuhnya pesawat Ukraina Airlines itu. 

Berita Terkait :
Saksikan Juga