Mesir Bisa Picu Perang Besar Turki dan Yunani di Mediterania

Mesir Bisa Picu Perang Besar Turki dan Yunani di Mediterania

Rabu, 12 Agustus 2020 | 18:08 WIB
Ketegangan memuncak.
VIVA Militer: Kapal perang Turki mengawal ketat kapal seismik Oruc Reis.
Photo :

VIVA Militer: Kapal perang Turki mengawal ketat kapal seismik Oruc Reis.

VIVA – Perang besar diprediksi bakal pecah di Laut Mediterania Timur jika tiba-tiba saja Mesir turut mengerahkan militernya ke perairan itu dan ikut campur dalam masalah sengketa wilayah antara Turki dan Yunani.

Prediksi itu diutarakan Kepala Divisi Peneliti Timur Tengah dan Afrika dari Institut Jerman untuk Urusan Internasional dan Keamanan (SWP), Stephan Roll dikutip VIVA Militer dari DW, Rabu 12 Agustus 2020.

Menurut Roll, kehadiran Mesir dalam kondisi ketegangan tinggi di Mediterinia bisa memicu terjadi perang besar karena banyak faktor penting selain hanya permasalahan pengeboran minyak dan gas yang akan dilakukan Turki.

Roll mengatakan, Turki dan Mesir memiliki kisah perselisihan yang rentan memicu perang besar. Yang terbaru ialah masalah keterlibatan Turki dalam perang saudara di Libya. Di konflik itu, Mesir bahkan telah mengerahkan pasukannya untuk memerangi pasukan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang didukung Turki.

Nah kisah perselisihan Turki dan Mesir yang paling membekas ialah terkait kudeta Mesir. "Ini kembali ke kudeta militer 2013 di Mesir, yang menargetkan Ikhwanul Muslimin yang berkuasa," kata Roll.

Berita Terkait :
Saksikan Juga