China Terancam, Jepang Akan Buat Pangkalan Militer Baru di Pulau Mage

China Terancam, Jepang Akan Buat Pangkalan Militer Baru di Pulau Mage

Rabu, 12 Agustus 2020 | 19:57 WIB
Pangkalan militer baru Jepang akan digunakan untuk base kapal induk AS
Tiga Kapal Militer Jepang Bersandar di Jakarta
Photo :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

Tiga Kapal Militer Jepang Bersandar di Jakarta

VIVA – Karpet merah kembali terbuka luas untuk Amerika Serikat (AS) di Indo-Pasifik. Kementerian Pertahanan Jepang baru-baru ini telah merilis secara resmi peta pembangunan pangkalan militer baru untuk Pasukan Bela Diri (SDF) Jepang di Pulau Mage dekat prefektur Kagoshima. 

Menteri Pertahanan Jepang, Tomohiro Yamamoto menyatakan, pangkalan militer baru Jepang selain akan digunakan untuk pasukan bela diri tentara Jepang (SDF) juga akan menjadi tempat latihan pendaratan atau Field Carrier Landing Practice (FCLP) kapal induk Amerika Serikat (AS) yang rencananya akan disinggahi dua kali dalam setahun.

Yamamoto menambahkan, di pangkalan baru itu nantinya, SDF akan menjadi penanggungjawab seluruh kegiatan latihan lepas landas dan pendaratan untuk jet tempur F-35B yang berbasis di kapal induk dan latihan  pendaratan yang melibatkan pesawat angkut militer V-22 Osprey.

"Pangkalan nanti akan memiliki dua landasan pacu, pelabuhan dan hanggar," kata Yamamoto dikutip VIVA Militer dari The Japan Times, Rabu, 12 Agustus 2020.

Berita Terkait :
Saksikan Juga