Jangankan Lawan China, Militer Taiwan Belum Tentu Bisa Kalahkan TNI

Jangankan Lawan China, Militer Taiwan Belum Tentu Bisa Kalahkan TNI

Jumat, 14 Agustus 2020 | 05:58 WIB
Hubungan antara Taiwan dengan China semakin memanas.
VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Taiwan (ROC Armed Forces)
Photo :
  • Time Magazine

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Taiwan (ROC Armed Forces)

VIVA – Tak perlu diragukan lagi dahsyatnya kekuatan militer Republik Rakyat China (RRC), yang menduduki peringkat ketiga dunia di bawah Amerika Serikat (AS), dan Rusia. Di sisi lain, pasukan militer Republik China (Taiwan) justru berada jauh di bawah armada Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Menyusul ketegangan antara China dan Taiwan, armada militer pun jadi komponen utama dalam hal agresi dan bertahan. Militer China dijadikan alat Partai Komunis China (CCP) untuk memuluskan ambisinya mencaplok Taiwan masuk dalam wilayah RRC. 

Di sisi lain, pasukan Angkatan Bersenjata Taiwan (ROC Armed Forces) tak tinggal diam. Di bawah komando Presiden Tsai Ing-wen, militer Taiwan akan mempertahankan kedaulatan negaranya.

Bagaimana peta kekuatan armada militer kedua negara? Menurut data yang dikutip VIVA Militer dari Global Firepower, armada militer China jelas jauh lebih unggul daripada pasukan Taiwan. tentara Pembebasan Rakyat China yang berada di bawah komando Presiden Xi Jinping, saat ini menduduki peringkat ke-3 dunia, dengan Indeks Kekuatan (Power Index) 0,0691.

VIVA Militer: Parade militer Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA)

Dengan total populasi 1,38 miliar penduduk, armada militer China saat ini memiliki 2,69 juta personel. Jumlah tersebut terdiri dari 2,18 juta personel aktif dan 510 ribu pasukan cadangan. 

Berita Terkait :
Saksikan Juga