Bahaya, Ada Gudang Bom Nuklir Rahasia Terbesar Dunia di Asia

VIVA Militer: Senjata nuklir diluncurkan.
Sumber :

VIVA – Senjata nuklir menjadi topik pembahan paling hangat saat ini di dunia militer, terutama setelah terjadi peningkatan tensi hubungan beberapa negara. Perang rentan sekali pecah, baik itu di Asia, Afrika, Arab maupun Eropa.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Namun yang paling disoroti ialah ketegangan antara dua penguasa senjata nuklir Asia, yakni China dan India.

Memang sih ketegangan antara kedua negara dengan populasi penduduk terbanyak di Asia ini belum mengarah ke konfrontasi senjata, meskipun di perbatasan negara sempat terjadi pertumpahan darah akibat bentrokan fisik.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Jika dilihat dari daftar penguasa senjata nuklir dunia, posisi India jauh di bawah China. Hanya saja yang perlu dicatat, bisa saja data yang selama ini terpublish di masyarakat dunia tak sesuai kenyataan.

Sebab, hingga saat ini program senjata nuklir India sangat-sangat tertutup rapat alias rahasia super ketat.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Menurut situs pengamat keamanan yang berpusat di India, defenceaviationpost dikutip VIVA Militer, Sabtu 15 Agustus 2020, hingga detik ini tak ada satupun negara lain di dunia yang tahu seberapa banyak sih India punya senjata nuklir dan seberapa canggih kah senjata nuklirnya?.

Hanya saja menurut situs itu, diperkirakan India memiliki 5 ton Plutonium. Dengan jumlah itu, dimungkinkan India saat ini memiliki 1.000 bom nuklir dan jika itu benar maka gudang nuklir India merupakan ketiga yang terbesar di dunia.

VIVA Militer: Parade senjata nuklir India.

Senjata nuklir terbanyak di dunia saat ini diyakini masih berada di gudang milik Rusia dengan jumlah perkiraan sebanyak 6.372 hingga 6.490 unit.  Lalu Amerika dengan total sebanyak 5.800 sampai 6.185 unit.

Selama ini angka resmi India tercatat hanya memiliki 140 sampai 150 unit senjata nuklir, lebih sedikit dari China yang didata memiliki senjata nuklir sebanyak 300 hingga 320 unit.

Sedangkan tentang kualitas senjata nuklir yang dimiliki India juga diperkirakan cukup mengerikan lho, contohnya saja Rudal Agni V yang diduga memiliki jangkauan mencapai 5000 sampai 8000 kilometer. Dengan kemampuan itu, Agni V hampir menyamai kekuatan rudal nuklir Rusia dan China yang digadang-gadang dapat menjangkau lebih dari 10 ribu kilometer.

Hal yang terpenting ialah, gudang senjata nuklir India kini dikuasai dan dirahasiakan secara super ketata oleh Komando Pasukan Strategis (SFC) atau disebut juga dengan nama Komando Nuklir Strategis.

Komando ini bertanggung jawab atas pengelolaan dan administrasi timbunan Senjata Nuklir Taktis dan Strategis India. Pemimpin divisi ini seorang jenderal bintang tiga.

Di bawah komando SFC, kerahasiaan senjata nuklir India benar-benar terjaga. Jangankan untuk bisa melihat senjata nuklir itu, untuk mengetahui lokasi gudangnya saja sangat sulit. Walaupun ada beberapa negara yang mengakui telah mengetahuinya melalui operasi intelijen.

Baca: Laut China Selatan Memanas, Jepang Bersumpah Tak Mau Perang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya