Arab Saudi Mencekam, Rudal Yaman Hantam Kota Jazan

VIVA Militer: Milisi Houthi di Yaman.
Sumber :

VIVA – Pasukan Yaman dikabarkan baru saja menyerang Kota Jazan, Arab Saudi, rudal balistik.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Informasi yang dihimpun VIVA Militer dari SPA, Minggu 20 September 2020, rudal balistik diluncurkan dari wilayah Yaman.

Rudal menghantam tiga kendaraan sekaligus. Akibatnya 5 warga Jazan, Arab Saudi, mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Serangan rudal balistik itu diluncurkan milisi Houthi dari perbatasan kedua negara. Dan tak dapat dicegah oleh sistem pertahanan udara militer Kerajaan Arab Saudi.  Usai serangan itu, Kota Jazan benar-benar mencekam. Warga memilih bersembunyi di dalam rumah.

Untuk diketahui Jazan merupakan kota pelabuhan di tepi Laut Merah yang berbatasan langsung dengan wilayah Yaman. Kota ini merupakan kota terpenting bagi Arab Saudi karena di kota ini ada infrastruktur minyak Aramco yang berkapasitas 400.000 barel.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Belum ada pernyataan resmi dari Houthi, Yaman tentang serangan ini. Namun, serangan ini terjadi militer Kerajaan Arab Saudi melakukan serangan udara besar-besaran ke beberapa wilayah di Yaman, yang diklaim menjadi basis Houthi.

Perlu diketahui, perang antara Yaman dan Arab Saudi pecah setelah Houthi menumbangkan rezim yang didukung Arab Saudi. Sejak 2015, militer Kerajaan Arab membentuk pasukan koalisi dan melakukan penyerangan ke  Yaman.

Dalam data yang telah diterbitkan Proyek Data Yaman, setidaknya sudah 18.500 warga sipil tewas dalam lebih dari 20.000 serangan udara koalisi Royal Saudi Air Force (RSAF).

Baca: Erdogan Ngotot Perang, Turki Dituduh Mau Rampas Pulau-pulau Yunani

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya