Berubah Fungsi, Kapal Perang TNI AL Jemput Bantuan dari Singapura

VIVA Militer: an Perang TNI AL, KRI Semarang-594
Sumber :
  • Instagram/@tni_agkatan_laut

VIVA – Perang terhadap Virus Corona sudah selayaknya dilakukan secara masif. Tak peduli soal perbedaan, seluruh masyarakat dunia harus bahu membahu melawan virus dari China ini.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Meski berbeda negara, Indonesia dan Singapura menunjukkan bukti konkret kerjasama dalam perang terhadap Corona. Ikut membantu Indonesia membasmi virus ini, Singapura memberikan bantuan untuk untuk Indonesia menghadapi wabah COVID-19, khususnya di wilayah Batam.

Berdasarkan informasi yang diterima VIVA Militer, pemerintah Singapura memberikan sejumlah konsentrat disinfektan, drum, pompa, serta troli, untuk membantu masyarakat Kota Batam dalam menghadapi penyebaran virus corona.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Penyerahan bantuan ini tentunya tidak bisa diterima langsung oleh masyarakat Batam. Pemberian sejumlah barang oleh pemerintah Singapura itu diangkut oleh KRI Semarang-594 milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL). 

"Pengangkutan bantuan bagi masyarakat Kota Batam sudah sesuai atas arahan atau direktif langsung dari Panglima  Koarmada (Komando Armada) I dan dari Mabes TNI sendiri," kata Danguskamla (Komandan Gugus Keamanan Laut) Koarmala (Komando Armada Laut) I selaku Dansatgas (Komandan Satuan Tugas) Pemulangan WNI, Laksma TNI Yayan Sofiyan, dikutip situs resmi AL.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kota Batam sendiri merupakan pintu gerbang Indonesia yang berhadapan langsung dengan negara tetangga, khususnya dengan Singapura dan Malaysia. Tak hanya itu, Selat Malaka yang berada dekat dengan Batam juga menjadi perlintasan sejumlah Singapura.

Tentu hal ini menjadi sangat rentan terhadap penyebaran virus, mengingat saat ini baik Indonesia dan Singapura masih berjuang dalam menghadapi pandemi ini. Sehingga, masyarakat Batam harus memiliki ketahanan atau imunitas diri yang kuat.

Pemberian bantuan yang dibawa oleh KRI Semarang-594, diharapkan bisa berkontribusi besar bagi masyarakat Kota mBatam untuk selalu disiplin dalam menjaga kebersihan diri guna terbebas dari penyebaran virus.

Laporan oleh: Febrika Indirawati

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya