Pesan Lebaran Mertua Jenderal Andika Perkasa untuk TNI Penuh Haru

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara AM Hendropriyono.
Sumber :
  • VIVA/ Reza Fajri.

VIVA – Ayah mertua dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Jenderal TNI (Purn) AM.Hendropriyono menyampaikan ucapan lebaran kepada seluruh jajaran TNI yang saat ini masih terus bertugas menjalankan operasi kemanusiaan selain perang dalam menghadapi pandemi Covid-19 di seluruh Indonesia. 

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Dalam video pendek berdurasi 1 menit 30 detik yang dikutip dari akun instagram @TNI_angkatan_darat, Hendropriyono yang didampingi oleh istrinya tampak serasi duduk bersandar di kursi panjang dengan mengenakan masker dan sarung tangan karet. Mata mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) itu terlihat berkaca-kaca menahan air mata. 

Dengan penuh haru serta suara berat, Hendropriyono menyampaikan, bahwa perayaan lebaran tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebagai salah satu senior di lingkungan TNI, Hendropriyono sangat merasakan bagaimana beratnya menjadi seorang prajurit TNI yang harus tetap menjalankan tugas negara menjaga pertahanan dan keamanan meski dalam suasana lebaran. 

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Namun kali ini, lanjut  Hendropriyono,  perayaan lebaran tahun ini jauh berbeda dari biasanya  karena adanya wabah Covid-19 yang menghantui seluruh rakyat Indonesia. 

Covid-19 ini, lanjut Hendro, tidak hanya membuat para personel TNI yang bertugas tidak dapat bertemu dengan keluarga saja, tapi juga telah membuat para personel TNI merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan menjaga jarak sesama personil,  tanpa melakukan tradisi salam-salaman dan berpelukan sesama personel TNI yang bertugas. 

Sosok Jenderal Bintang 1 Kowad, Orang Kepercayaan KSAD Maruli Simanjuntak

“Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Dalam keadaan seperti ini, kita tidak bisa lagi untuk salaman, tidak ada lagi cipika-cipiki,” kata Jenderal TNI (Purn.) A.M Hendropriyono.

Tidak hanya itu, Hendroprioyono juga berharap kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya kepada prajurit TNI untuk terbiasa dengan situasi sulit saat ini. Dimana seluruh personil TNI harus terbiasa dengan pola hidup sehat bersama keluarga  serta tetap menerapkan physical distancing atau jaga jarak dalam berinteraksi dengan masyarakat dalam menghadapi virus corona ini. 

"Saya berharap kita bisa terbiasa dengan situasi seperti ini. Karena ini hal yang baru, dan kita belum menemukan obatnya,  suatu saat akan ditemukan sebuah cara untuk menghadapi virus corona, sehingga pandemi Covid-19 tidak mengganggu manusia walaupun belum pergi dari bumi ini. Karena Covid-19 ini belum jelas perginya kapan, membuat kita terpacu mencari penemuan baru untuk menghadapi musibah ini,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan rasa bangga kepada anak menantunya, Jenderal TNI Andika Perkasa. Karena sebagai pemegang komando di korps Angkatan Darat, Hendro menilai Andika telah mengerahkan seluruh kekuatan yang dimiliki oleh Angkatan Darat untuk memerangi pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan arahan Andika, nanti akan ditemukan obat juga vaksin Covid-19, karena sudah ada usaha yang kelihatan riil, bukan teori saja,” ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya