Membanggakan, 4 Kendaraan Perang Buatan Bandung Dipakai di Misi PBB

VIVA Militer: Deretan Kendaraan Khusus TNI AD
Sumber :
  • Website Voice of America

VIVA – Terkadang sebagai masyarakat Indonesia kita masih ragu untuk menggunakan produk buatan dalam negeri karena kualitasnya yang tidak mampu bersaing dengan barang impor. Tapi semua itu terpatahkan oleh salah satu produksi kendaraan tempur untuk TNI AD.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Kendaraan khusus buatan PT Pindad mampu bersaing dengan kendaraan-kendaraan tempur lainnya. Bahkan kendaraan buatan pabrik asal Bandung ini dipakai dalam misi kemanusiaan PBB di berbagai negara seperti Lebanon, Afrika Tengah, dan Sudan.

Tercatat ada dua jenis kendaraan khusus yang berhasil. Diantaranya adalah 1x4 Komando dan 6x6 Anoa. VIVA Militer edisi Kamis 2 Juli 2020 akan membahas 4 kendaraan khusus yang tergabung dalam jenis 6x6 Anoa.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Berikut 4 kendaraan khusus jenis 6x6 Anoa yang dibuat di Bandung:

Anoa 6x6 Amphibious

Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang


Anoa 6x6 Amphibious merupakan kendaraan tipe amfibi dari perkembangan kendaraan terbaru dari Anoa Armoured Personel Carrier (APC) yang berhasil dikembangan oleh PT Pindad. Kendaraan ini mampu melakukan maneuver baik di darat maupun permukaan air.

Untuk beroperasi di air, Anoa Amphibious dapat mencapai top speed 10 km/h. Pada varian ini, kapasitas tangki bahan bakar dinaikkan menjadi 260 liter. Kendaraan ini dapat memuat 10 personel, yang dapat membawanya menjelajah sejauh 600 kilometer menggunakan mesin bertenaga 320 Horsepower.

Anoa 6x6 Amphibious dilengkapi dengan senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk melindungi personel selama proses pergerakan. Sebagai kendaraan amfibi, kendaraan ini dilengkapi dengan water propeller, swimming drive system dan sistem hidrolik untuk propulsinya. 

Anoa 6x6 Armoured Personel Carrier (APC) 


Kendaraan khusus varian Anoa 6x6 Armoured Personel Carrier (APC) merupakan kendaraan tempur pertama dari PT Pindad yang memiliki keunggulan dalam mobilitas, proteksi serta daya angkut.

Anoa 6x6 APC memiliki rasio daya berat 25 HP/ton, serta dilengkapi dengan sistem komunikasi dan transmisi otomatis. Anoa tipe APC memiliki kapasitas 12 orang personel termasuk pengemudi. Memiliki top speed 80 km/h pada jalan raya dengan daya jelajah 600 kilometer.

Anoa 6x6 Mortar


Anoa 6x6 varian Mortar dilengkapi dengan pelontar mortir 81 mm dengan recoil system. Sementara itu untuk mendukung pengoperasiannya, Anoa 6x6 Mortar juga dilengkapi dengan rak munisi serta atap yang dapat dibuka dan ditutup secara otomatis dengan sistem hidrolis.

Varian ini memiliki kapasitas 6 orang personel termasuk pengemudi. Pada dapur pacu, Anoa 6x6 Mortar dilengkapi dengan mesin diesel dengan tenaga 600 HP yang memiliki top speed 80 km/h.

Anoa 6x6 Ambulance


Kendaraan khusus Anoa 6x6 Ambulance merupakan varian Anoa yang diperuntukan bagi petugas medis dalam melaksanakan tugas perbantuan di medan pertempuran. Memiliki spesifikasi yang sama dengan varian Anoa lainnya, tentunya varian ini dilengkapi dengan berbagai kelengkapan medis.

Varian Anoa 6x6 Ambulance dilengkapi dengan kelengkapan medis seperti oksigen hingga alat pacu jantung. Tipe ini memiliki kapasitas kru 7 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya