TNI Rajai Kekuatan Militer Asia Tenggara, Malaysia Kalah

VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia
Sumber :
  • Website Defence.gov.aus

VIVA – Termasuk dalam sembilan negara kawasan Asia Tenggara, ternyata kekuatan militer Indonesia bukan kaleng-kaleng. Menurut data Global Fire Power 2020 Rabu 1 Juli 2020, Indonesia menempati peringkat 1.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Bahkan Indonesia mengalahkan satu-satunya negara maju di Asia Tenggara yaitu Singapura. Singapura sendiri berada diperingkat ketujuh dengan memiliki 180 tank, 100 pesawat tempur, dan 12 kapal perang jenis frigate dan corvette.

Menduduki peringkat pertama membuat Indonesia menjadi negara dengan kekuatan militer yang patut diwaspadai di kawasan Asia Tenggara. Indonesia tercatat memiliki 313 tank, 41 pesawat tempur, dan 31 kapal perang yang terdiri dari frigate dan corvette.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

VIVA Militer: TNI Juarai Lomba Menembak di Australia tahun 2019

Vietnam yang berada diurutan kedua tampak mengungguli Indonesia dengan kepemilikan tank yang mencapai 2.615 dan 77 pesawat tempur. Meskipun memiliki lebih banyak tank dan pesawat tempur, Indonesia tetap menjadi negara terkuat di Asia Tenggara.

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

Urutan ketiga diisi oleh Thailand yang memiliki 841 tank, 75 pesawat tempur, dan 14 kapal perang. Kemudian posisi keempat dihuni oleh Myanmar yang tercatat memiliki 434 tank, 59 pesawat tempur, dan 8 kapal perang.

Sementara itu musuh bebuyutan Indonesia yaitu Malaysia, seharusnya tidak berani mengusik Indonesia. Karena Malaysia hanya duduk di posisi kelima dengan 74 tank, 26 pesawat tempur, dan 12 kapal perang.

Lalu Filipina mengisi posisi keenam dengan 7 tank dan 3 kapal perang. Selanjutnya Kamboja hanya memiliki 263 tank dan Laos memiliki 65 tank, masing-masing negara ini berada diurutan kedelapan dan kesembilan.

VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia

Selain kekuatan militer Indonesia diakui di kawasan Asia Tenggara, kekuatan TNI juga diakui tingkat dunia. Salah satunya adalah ketika Indonesia mengikuti ajang lomba menembak tahunan yang berlangsung di Australia.

Dalam kompetisi Australia Army Skill at Arms Meet, Indonesia berhasil mempertahankan juara umum sebanyak 12 kali. Bahkan Indonesia mampu mengalahkan negara Adi Daya seperti Amerika Serikat. 

Baca: 5 Potret Dokter Ganteng TNI AD yang Mirip Aktor Korea

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya