Kapal Patroli Canggih Buatan Jawa Timur Mampu Pecah Arus Laut

VIVA Militer: Kapal X10 Patrol RIB
Sumber :

VIVA – Jika PT Pindad memproduksi kendaraan khusus bagi TNI Angkatan Darat, maka PT Lundin memproduksi kapal. Kapal yang diproduksi pabrik asal Banyuwangi, Jawa Timur ini terdiri dari dua jenis yaitu combat range atau kapal tempur dan patrol range atau kapal patroli.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Edisi Senin 6 Juli 2020, VIVA Militer akan membahas mengenai kapal patroli buatan PT Lundin. Kapal patroli X10 RIB merupakan kapal buatan karya anak negeri yang memiliki desain modern hull V yang dapat menampung 10 personel.

Desain ini juga menggabungkan sudut deadrise yang berguna untuk memecah arus laut. Sehingga dapat meningkatkan percepatan laju kapal dan membuatnya tetap stabil.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Kapal patroli X10 RIB dilengkapi dengan mesin diesel dalam dan air-jet atau penggerak buritan. Agar kapal ini dapat digunakan untuk operasi di lingkungan pesisir dan sungai.

Penggunaan waterjets yang terpasang di X10 RIB, dapat memberikan kemampuan manuver yang luar biasa dan memungkinkan kapal beroperasi di daerah yang sangat dangkal.

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

Deck terpasang di atas engine yang berada posisi tengah atau belakang menyediakan platform yang ideal untuk operasi naik dan pindahkan. Konsol dirancang secara ergonomis untuk memungkinkan awak dalam pengoperasian kapal.

Kapal patroli X10 RIB juga tidak lupa dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran portabel dan life jacket. Kapal ini juga dilengkapi dengan radar, GPS dan radio VHF.

Baca: 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya