Jenderal Ahmad Yani Lolos dari Kepungan Pasukan Brigade Terkejam

Jenderal Ahmad Yani Lolos dari Kepungan Pasukan Brigade Terkejam

Jumat, 7 Agustus 2020 | 06:06 WIB
Pada saat mempertahankan kemerdekaan RI.
VIVA Militer: Jenderal Ahmad Yani (kiri)
Photo :
  • Wikipedia

VIVA Militer: Jenderal Ahmad Yani (kiri)

VIVA – Perjalanan hidup Jenderal Ahmad Yani dari seorang sipil hingga bergabung dalam kemiliteran tidak begitu sulit. Itu karena kepintaran serta kegigihan yang dimilikinya. 

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun VIVA Militer dari berbagai sumber Jumat 7 Agustus 2020, saat Jenderal Ahmad Yani menikah dengan Bandiah Yayu Rulia pada 5 Desember 1944, ternyata ia menjabat sebagai Komandan Seksi I Kompi III Batalyon II.

Berpangkat sebagai komandan, Yani cukup disegani anak buahnya dan pasukan yang dipimpinnya selalu memperlihatkan prestasi yang baik ketika mengadakan latihan perang. Karena hal itulah pasukan Yani manjadi terkenal.

Dua hari setelah proklamasi, Jepang membubarkan Peta dan semua organisasi kemiliteran dengan alasan agar pasukan-pasukan itu tidak menyerang balik Jepang. Pasukan Ahmad Yanipun juga ikut bubar dan membuat semua prajuritnya pulang ke kampung masing-masing.

Namun pada akhirnya Yani berhasil mengumpulkan para prajuritnya sebesar satu batalyon. Dengan kekuatan itulah ia memberikan jasa pertamanya dalam mempertahankan negara dan perjalanan Yani dengan pasukan hebatnya dimulai.

VIVA Militer: Jenderal Ahmad Yani

Berita Terkait :
Saksikan Juga