TNI AL Latihan Perang Bersama Militer Turki di Laut Mediterania

VIVA Militer : TNI AL latihan perang dengan Turki di Laut Mediterania
Sumber :
  • Dispen TNI AL

VIVA – Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL 2019 bersama KRI Sultan Hasanuddin-366 pada hari Kamis kemarin, 6 Agustus 2020 melakukan latihan bersama Passing Exercise (Passex) dengan kapal perang Turki TCG Bozcaada F-500 dan kapal perang TCG Karpaz P-1213 di Laut Mediterania. 

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL, Letkol Laut (P) Ludfy menyatakan, latihan Passex yang digelar kapal perang antar negara tersebut merupakan sebagai bentuk tradisi TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Turki dalam upaya mempererat persahabatan antar kedua Negara. Mengingat dalam tugasnya, TNI Angkatan Laut mempunyai tiga misi yakni, militer, policy, serta diplomatik.

Menurutnya, latihan Passex merupakan serangkaian kegiatan latihan yang sering dilaksanakan oleh kapal-kapal perang diseluruh dunia yang sifatnya insidensial, dimana saat kapal perang suatu Negara memasuki atau melakukan kunjungan serta lawatan ke negara lain.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

"Pelaksanaan  Passex yang dilaksanakan kurang lebih 2 jam ini berjalan aman dan lancar. Adapun materi latihan di antaranya: Flaghoist, Maneuvering Exercise serta Mailbag Transfer. Kegiatan ini juga didukung oleh crew Heli Dauphin AS-365 N3+ HR-3601 yang On Board di KRI Sultan Hasanuddin 366," kata Letkol Laut (P) Ludfy dikutip VIVA Militer dari keterangan resmi TNI Angkatan Laut, Jum'at, 7 Agustus 2020.

VIVA Militer : Kapal Perang KRI Sultan Hasanuddin-366

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Untuk diketahui, Kapal perang milik Turki TCG Bozcaada F 500 yang dikomandani oleh LT CDR Turgay Oksuz adalah kapal perang jenis burak-class Anti Sub-Marine Warfare (ASW) corvettes dibuat pada tahun 1978 di perancis yang bernama Commandant de pidoman. 

Sebelumnya kapal perang ini di gunakan oleh Angkatan Laut perancis dan pada tahun 2001 kemudian dihibahkan ke Turkish Navy diberi nama Bozcaada. Sedangkan TCG Karpaz P-1213 dikomandani oleh LTJG Serkan Gunes adalah salah satu kapal Patroli Angkatan Laut Turki kelas Tuzla. Kapal ini melakukan tugas patroli, keamanan dan anti kapal selam di sekitaran Pelabuhan serta daerah-daerah pesisir.

Baca : Bahaya, Dalam Seminggu 32 Pesawat Mata-mata Asing Dekati Rusia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya