Kisah Bocah Penggiring Kerbau Jadi Jenderal Termasyhur TNI

Kisah Bocah Penggiring Kerbau Jadi Jenderal Termasyhur TNI

Kamis, 13 Agustus 2020 | 06:04 WIB
Dia nonton sirkus gratis dari atas pohon.
VIVA Militer: Jenderal TNI Oerip Soemoharjo.
Photo :

VIVA Militer: Jenderal TNI Oerip Soemoharjo.

VIVA – Waktu semasa kecil, tidak ada yang mengenal Jenderal TNI Oerip Soemohardjo. Walaupun namanya sangat termasyhur di Indonesia.

Sebab saat masih kecil ia bernama Muhammad Sidik. Sidik lahir di Desa Sindurejan, Purworejo sebagai putra pertama dari seorang Mantri guru di HIS yaitu Soemohardjo.

Sementara ibunya adalah seorang putri Tumenggung Wijoyokusumo, Bupati Trenggalek. Hal itu yang menjadikan Sidik bersama dua adiknya, Iskandar dan Sukirno dibesarkan dalam lingkungan keluarga terbilang mampu dan cukup terpandang kala itu. 

Waktu kecil, Sidik terbilang nakal. Kemudian pada suatu hari, saat memanjat pohon kemiri, Sidik terjatuh dan tidak sadarkan diri dalam waktu yang cukup lama. Tentu berita ini sangat mencemaskan kakeknya Tumenggung Wijayakusuma sampai-sampai mengirim utusan ke Purworejo.

Utusan kakeknya itu memberitahu kepada orang tua Sidik untuk segera mengganti nama menjadi Oerip, dengan harapan ia akan hidup terus. Karena menurut kepercayaan bagi sebagian orang Indonesia, bila seorang anak sangat nakal atau sering sakit-sakitan, maka namanya harus diganti dengan nama lain.

Berita Terkait :
Saksikan Juga