Dokter Kodam TNI Sembuh dari COVID-19 Usai Tak Sadarkan Diri di RSPAD

VIVA Militer: Jenderal Andika Perkasa pimpin rapat.
Sumber :
  • TNI AD

VIVA – Kabar gembira bagi rakyat Indonesia, sebab Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat, terbukti sudah memiliki cara untuk bisa menyembuhkan pasien positif COVID-19.

TNI AL Kirim Kapal Perang Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang

Tak tanggung-tanggung, salah satu pasien positif COVID-19 yang berhasil disembuhkan adalah Kepala Kesehatan Komando Daerah Militer (Kodam) II/Sriwijaya, Kolonel Ckm dokter Asep Usmanto.

Perwira TNI yang selama ini berperang di garda terdepan dalam memerangi Virus Corona di Kodam II/Sriwijaya itu sembuh setelah empat pekan dirawat tim medis Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD).

Tinggalkan Kodam Jaya, Mayjen TNI Putranto Gatot Terima Tongkat Komandan Dewa Perang TNI

Dalam komunikasi jarak jauh dengan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa, Kolonel Asep menceritakan detik-detik dari mulai dia kritis akibat COVID-19 hingga sadar dan sembuh.

Menurut Kolonel Asep, ketika dievakuasi ke RSPAD, kondisinya sudah sangat menurun. Setiba di RSPAD, tim medis langsung melakukan tindakan dengan memasang alat bantu pernapasan.

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

"Saya masuk RSPAD dengan kondisi yang sudah menurun. Saya mendapatkan perawatan dan terapi plasma, kemudian keadaan saya berangsur-angsur membaik," kata  Kolonel dr Asep kepada Jenderal TNI Andika dilansir VIVA Militer dari siaran resmi Mabes TNI AD, Selasa 22 September 2020.

VIVA Militer: Kolonel Ckm dokter Asep Usmanto.

Pada hari kedua, dokter Asep mendapatkan perawatan berupa terapi Plasma Konvalesen. Sejak saat itu kondisi dokter Asep semakin membaik. "Bertahap ada peningkatan dan hari ke-empat sudah sadar. Setelah itu kemudian berangsur-angsur lebih baik," kata Kolonel dr Asep.

Di hari ke sembilan perawatan, tim medis sudah menyarankan dokter Asep untuk dirawat di ruang ICU. "Karena dari pemeriksaan sejak hari ke-empat itu  negatif terus. Lalu 9 hari di ICU menunjukkan perbaikan dan pindah ke  ruang rawat biasa," kata dia menerangkan.

Dengan keberhasilan tim medis RSPAD menyembuhkan Kolonel Asep, Jenderal TNI Andika menyarankan agar semua rumah sakit milik TNI AD, memanfaatkan terapi Plasma Konvalesen.

Jenderal TNI Andika memastikan, bahwa metode penanganan seperti yang diterima Kolonel Asep di RSPAD, tak cuma diperuntukan bagi prajurit TNI. Tapi juga untuk semua rakyat Indonesia.

"Ada beberapa yang tanya ke saya, mereka ingin tahu bagaimana caranya untuk dapat Plasma Konvalesen. Kita terbuka membantu mereka, karena yang dimiliki di RSPAD itu untuk kemanusiaan, untuk semua yang membutuhkan," kata Jenderal Andika.

Baca: Radar TNI Rekam Kemunculan 200 Kapal Perang Asing di Selat Malaka

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya