Mayjen TNI Tugas Ungkap Kondisi RS Wisma Atlet

Mayjen TNI Tugas Ungkap Kondisi RS Wisma Atlet

Selasa, 22 September 2020 | 20:41 WIB
Dia memantau pasien terutama soal asupan gizi.
Mayor Jenderal TNI Dr. dr. Tugas Ratmono
Photo :
  • Istimewa

Mayor Jenderal TNI Dr. dr. Tugas Ratmono

VIVA – Kepala Pusat Kesehatan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mayor Jenderal TNI Tugas Ratmono punya tugas baru selama pandemi corona atau covid-19 ini. Dia didapuk dua jabatan baru untuk menangani pandemi ini.

Pertama, dia berkantor ke Markas Besar TNI, selaku Kepala Pusat Kesehatan TNI. Kedua, di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat,  selaku Koordinator Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran. Ketiga, di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jalan Pramuka, Jakarta Timur, sebagai pusat penanganan Covid-19 nasional.

Berkecimbung sejak awal pandemi masuk ke Indonesia, Jenderal Tugas mengatakan jika tingkat kesadaran masyarakat menghadapi Covid-19 relatif masih rendah. Dia mencontohkan,  salah satunya tidak disiplin memakai masker.

Baca juga: Danjen Kopassus: Tetesan Darah Prajurit Kami untuk Rakyat Indonesia

"Jika ada 10 orang di jalan. hanya ada 6 orang yang memakai masker. Dari yang 6 itu, hanya 3 orang yang memakai masker dengan benar. Itu bukan gambaran yang mengada-ada," ujar Tugas, Selasa, 22 September 2020.

Tugas menjelaskan, denda akibat tidak memakai masker terhitung 18 September 2020 sudah terkumpul kurang lebih Rp400 juta. Itu hanya dalam empat hari pelaksanaan Operasi Yustisi pada 14-17 September 2020. 

"Artinya, gambaran yang disampaikan singkron dengan realitas di lapangan. Karena itulah, dia mengungkapkan, kunci strategi agar bisa menang dalam peperangan semesta melawan pandemi Covid-19 adalah kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan," ucap dia.

Mayor Jenderal TNI Tugas Ratmono

Berita Terkait :
Saksikan Juga
Artikel Terpopuler