Demi Bukti NKRI, Kala Hitam TNI 3 Hari Jalan Kaki di Rimba Papua

VIVA Militer: Prajurit TNI di rimba Papua.
Sumber :
  • TNI

VIVA – Sungguh sebuah perjuangan yang luar biasa baru saja ditunjukkan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Batalyon Infanteri 312/Kala Hitam, Kodam III/Siliwangi.

Hizbullah Hujani Israel Puluhan Roket usai 7 Paramedis Lebanon Tewas

Mereka rela mempertaruhkan jiwa raga demi menjaga bukti kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di tengah ganasnya rimba belantara pedalaman Papua.

Ya, sebanyak 15 prajurit TNI Yonif 312/Kala Hitam, yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Papua Nugini, di Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua, baru saja berjalan kaki selama tiga hari di rimba untuk bisa sampai ke salah satu tugu tanda batas kedua negara.

Tega, Tentara Israel Suruh Keluarga Palestina Tinggalkan Ibunya yang Berusia 94 Tahun

Menurut Wakil Komandan Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam, Kapten TNI Mansyur H Alam dalam siaran tertulis yang dilansir VIVA Militer, Rabu 23 September 2020, 15 prajurit TNI itu menembus hutan Papua untuk bisa sampai di patok MM 4.3.

VIVA Militer: Prajurit Yonif 312/Kala Hitam TNI.

Pabrik Rakit Drone Ukraina Hancur Dibom Pasukan Rusia

"Perjuangan dan kegigihan serta semangat yang pantang menyerah demi tugas Negara, dengan berbagai tantangan kondisi alam yang ekstrem dan perjalanan selama berhari-hari menembus belantara hutan melaksanakan patroli patok-patok perbatasan tak menyurutkan niat Prajurit TNI dalam mengemban amanah tugas operasi," kata Kapten Mansyur.

Kapten Mansyur menuturkan, sebenarnya jika ditarik garis lurus, lokasi patok MM 4.3 yang berada di tengah rimba itu, hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari Pos Km.140 Satgas Pamtas TNI.

Namun, perjalanan menuju ke MM 4.3 terpaksa harus ditempuh selama tiga hari. Karena, medan menuju ke lokasi sangat tak bersahabat. Prajurit yang dikerahkan harus melintasi hutan lebat yang terjal dengan kondisi iklim dan cuaca yang tak menentu.

Setiba di patok MM 4.3, prajurit langsung melakukan perawatan tugus penanda batas kedua negara, dan memastikan kondisi patok benar-benar berada di titik koordinat yang telah ditetapkan kedua negara.

Baca: Dikirim Perang Lawan India, Puluhan Tentara China Menangis Ketakutan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya