Ingin Menang Berperang, KSAL : TNI AL Harus Kuasai Teknologi Maritim

VIVA Militer : KSAL Laksamana TNI Yudo Margono
Sumber :
  • Dispen TNI AL

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memaparkan kunci untuk memenangkan pertempuran bagi prajurit TNI Angkatan Laut (AL) di masa mendatang. Menurut Laksamana Yudo Margono, kunci kemenangan terletak pada kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) seluruh personil TNI AL dalam menguasai teknologi kemaritiman. 

Pimpin Halal Bihalal di Mabesal, Ini Pesan KSAL Muhammad Ali untuk Prajurit Jalasena

Kasal sangat menyadari, prajurit TNI AL memiliki tantangan yang tidak mudah untuk menguasai sektor maritim, terlebih lagi ditengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kemaritiman di era revolusi industri 4.0 yang kian berkembang sangat cepat.

Menurut Kasal, sebagai negara maritim terbesar di dunia, kapabilitas teknologi kemaritiman yang tercanggih bukan lagi semata-mata kemewahan belaka, namun telah menjadi suatu kebutuhan yang bertujuan untuk mewujudkan visi maritim nasional dalam menjadikan bangsa sebagai “Poros Maritim Dunia”. 

Segini Jumlah Rudal Iran yang Dicegat AS, Inggris dan Yordania Menuju Israel

“Dengan kompleksitas dan dinamika lingkungan strategis baik di tingkat regional maupun global khususnya di lingkungan maritim, kita sangat membutuhkan cara berpikir yang kritis dan pemikiran yang dapat memberikan kemampuan untuk mengubah sumber daya maritim nasional yang ada serta menjadikannya sebagai kemampuan strategis operasional guna menunjang kepentingan Angkatan Laut dan negara,” kata Laksamana TNI Yudo Margono dalam acara Webinar Network pada kegiatan 4th International Conference on Maritime Science and Technology (ICMST) 2020 yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) di Gedung Utama Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, 24 September 2020.

Dia menambahkan, TNI Angkatan Laut harus mampu menguasai teknologi kemaritiman dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan dan ancaman yang mengiringi datangnya era teknologi baru, dimana ilmu pengetahuan dan teknologi kemaritiman merupakan bukti langsung kemajuan teknologi di era revolusi industri 4.0., 

4 Serangan Brutal Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menumpas Israel dan Sekutunya

Lebih jauh dia berharap, konferensi internasional yang diseleggarakan STTAL dengan menghadirkan pembicara dari dalam dan luar negeri itu mampu memberikan keluasan wawasan sekaligus pengalaman bagi seluruh partisipan khususnya para siswa melalui sudut pandang baru terhadap dunia baru kemajuan teknologi pada domain maritim.

Untuk diketahui, hadir dan menjadi pembicara dalam webinar internasional itu diantaranya adalah Kasal ke-25 tahun 2014-2018 Laksamana TNI (Purn) Dr. Ade Supandi, Professor Shannon Stambersky, Professor Ilmu Kemiliteran dari University Of California, Los Angeles, Amerika Serikat dan Professor Stuart Bruce Kaye, Direktur Australian National Centre for Ocean Resources and Security (ANCORS) dari University of Wollongong, Australia.

Baca juga : Lanud Halim Zona Merah, TNI AU Siapkan Strategi Perangi COVID-19


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya