Awkward Moment

Ilustrasi
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Beberapa hari yang lalu, saya mampir ke rumah teman saya. Sebut saja namanya Alex dan dia ini adalah teman saya sejak SMP. Anaknya pendiam dan kalau ngomong seperlunya saja. Setelah beberapa kali janjian dan terus menerus batal karena waktunya tidak pernah klop, akhirnya saya janjian buat ke rumah dia hari Jumat malam sehabis dia pulang kerja.

Musyawarah Besar Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris UMI

Oh iya, dia sekarang bekerja di sebuah bank menjadi auditor. Tapi sebenarnya kalau boleh jujur, saya itu agak bagaimana gitu kalau ke rumahnya Alex. Bukan, bukan karena saya pernah ngutil sesuatu di rumah dia terus jadi saya takut ketahuan. Sebenarnya saya ini rada segan sama papa-nya Alex, Om Jono. Iya segan atau lebih tepatnya saya merasa punya dosa sama si Om Jono. Bukan cuma satu, tapi malah dua dosa besar!

Dosa pertama ini terjadi waktu SMP. Waktu SMP, mainan anak-anak nakal adalah memanggil nama teman dengan memakai nama orangtuanya. Sejak SMP, saya selalu menyebut nama dia dengan panggilan "Jon, Jon" atau "Jonoooooo". Anaknya sih santai saja saya panggil begitu dan kebiasaan itu sampai sekarang masih sering saya lakukan. Jarang banget saya nyebut dia pakai nama asli "Alex", saya lebih sering manggil dia "Jono".

Wahai Orang yang Tidak Berpuasa, Hormatilah Bulan Ramadan

Masalah dimulai ketika saya masih duduk di bangku SMP. Ceritanya pas bubar sekolah, saya kebetulan dijemput oleh kakak saya. Pas mau pulang, saya lihat Alex sedang mau masuk ke mobil. Sambil berjalan, saya teriak kencang banget, "Jon, Jono besok bawain komik Shinchan ya!"

Berani sumpah, saya manggil "Jono-Jono" tidak ada maksud menghina atau apapun. Saya bilang "Jono" buat manggil Alex dan ingetin soal komik itu. Bodohnya saya enggak sadar kalau yang jemput Alex waktu itu si Om Jono! Saya benar-benar enggak tega ngebayangin bagaimana perasaan Om Jono waktu itu. Lagi enak-enak di dalam mobil, jemput anak, terus tiba-tiba diteriakkin, "Jono, Jono" sama bocah SMP tengil.

Jadi Dewa Mabuk Sehari

Dosa kedua saya terjadi pada tahun 2009. Saya agak lupa bagaimana kronologis ceritanya, tapi yang saya ingat adalah saya dan Alex entah habis darimana. Kami berteduh sambil beli minum di pinggir jalan. Saya ingat banget selain beli minum Coca Cola, saya juga beli keripik seblak gope-an. Saya menawarkan seblak ke Alex dan dia mencicipi sedikit. Rasanya tidak ada yang salah dan semua berjalan baik-baik saja.

Masalah mulai datang saat saya dikabarin kalau Alex malamnya harus masuk rumah sakit dan dioperasi. Operasi usus buntu! Saya bingung, perasaan tadi pas jalan sama saya dia baik-baik saja, kok tiba-tiba harus operasi buntu. Usut punya usut, setelah didiagnosis oleh dokter, ternyata usus Alex kemasukkan bubuk cabe dan jajanan seblak gope, saya adalah tersangka utamanya! Gara-gara seblak gopean, Alex harus operasi yang menghabiskan uang 10 jutaan.

Sebenarnya saya enggak tahu harus simpan muka saya di mana kalau bertemu Om Jono lagi. Biarpun Om Jono sudah lupa tentang dua dosa saya itu, tapi saya masih suka keingetan terus, betapa nakalnya saya waktu itu.

Hari Jumat malam, saya janjian datang ke rumah Alex sekitar jam 7 malam. Rumah Alex ada di daerah Margahayu, Bandung, dan untungnya saya masih hafal rute rumahnya walaupun sudah lama banget saya enggak ke sana. Sempat tersasar, tapi akhirnya saya ketemu juga rumah Alex.

Rumahnya belum berubah, masih seperti terakhir saya ke sini. Setelah masuk dan ngobrol sebentar, tidak berapa lama si Om Jono keluar kamar dan datang menghampiri saya. Saya sudah siap diomelin, saya juga sudah mempersiapkan mental kalau-kalau si Om Jono nunjuk-nunjuk muka saya sambil bilang, "Gara-gara lu punya bubuk cabe, anak ane harus dioperasi! Duit ane habis 10 juta cuma gara-gara seblak ente!" Ternyata enggak.

Sambil senyum Om Jono menjabat tangan saya terus bertanya kabar dan kesibukkan saya sekarang apa. Hati saya plong, ternyata si Om Jono sudah lupa atau jangan-jangan si Om Jono cuma pura-pura baik saja di depan saya? Enggak tahunya dia sudah menyiapkan obat bius di dalam minuman saya dan pas saya sadar dari pingsan, saya terbangun dalam kondisi tangan dan kaki diikat. Terus, Om Jono dengan bengisnya pasang muka psycho dan bilang, "Nak Sani, bisa sebut nama Om lagi seperti kamu teriak-teriak manggil nama Om waktu Om jemput Alex dulu? Bisa?!"

Ssssssttttt, saya mencoba hilangkan pikiran-pikiran kotor itu dan mulai fokus ke Om Jono lagi. Setelah ngobrol sebentar, Om Jono izin pamit ke ruang tengah dan saya melanjutkan pembicaraan dengan Alex. Lagi asyik-asyiknya ngobrol soal film, tiba-tiba Om Jono teriak kencang banget dari ruang tengah, "Sate!!!!" Kebetulan banget ada tukang sate yang sedang lewat. Duh, baik banget si om. Tahu saja kalau saya belum makan malam. Dipikiran saya saat itu, Om Jono bakalan beliin saya sate 10 tusuk + lontong dan saya sudah membayangkan betapa empuknya daging sate itu.

2-3 menit berlalu kok sepertinya ada yang aneh ya? Om Jono tidak keluar bawa piring atau memesan sate. Apa mungkin tukang sate ini sudah langganan, jadi sekali dipanggil sudah tahu harus menyiapkan apa? Dari luar, saya mendengar suara, "Te, Sate?" yang diulang berkali-kali oleh si tukang sate. Saya pun bertanya kepada Alex "Bro, itu bokap mesen sate? Si abang kayaknya nungguin di depan." Sambil menunduk malu, Alex bilang, "Biasa itu bokap gue lagi ngerjain tukang Sate. Gak cuma tukang sate, tukang yang lewat depan rumah biasanya dipanggil ama bokap gue tapi gak dibeli,"

Ya ampun, mulut saya terkunci. Saya enggak tahu harus bilang apa. Ini kan mainan saya waktu masih berumur lima tahun, manggil tukang jualan, tapi enggak dibeli. Dulu saya hobi banget manggil tukang es Walls yang lewat depan rumah, tapi langsung ngumpet. Dan si Om Jono yang sekarang umurnya sudah 53 tahun, eh niruin hobi saya waktu umur lima tahun.

Saya tertawa garing mendengar penjelasan Alex. Setelah itu, Alex minta izin ke saya buat mencari DVD yang mau saya pinjam. Pas saya lagi duduk di ruang tamu, Om Jono menyahut dari ruang tengah "Sani, sini ayo sama om nonton bola!" Kebetulan si om tahu kalau saya memang senang bola. Saya pun beranjak ke ruang tengah dan duduk di sofa sambil menemani si om nonton. "Om tuh heran loh San." kata si om memecah keheningan.

Dalam bayangan saya saat itu, si om bicara begitu karena dia mau minta pendapat saya. Saya sudah membayangkan si Om Jono bakalan bertanya, "Kenapa ya Sani prestasi tim nasional kita tidak pernah maju?" atau "Sani, kamu setuju enggak sih kalau pemerintah kita cari dana talangan lewat IMF?"

Saya sudah mempersiapkan jawaban sebaik mungkin. Kredibilitas saya dipertaruhkan di sini! "Bingung kenapa Om?" tanya saya cool. "Bingungnya begini San, ngapain ya 22 orang di lapangan mengejar 1 bola? Kalau om ada di situ, om kasih deh 1 orang 1 bola biar enggak usah rebutan" Serius, saya bingung mau jawab apa. Analogi konyol si Om Jono itu sama saja seperti begini, "Ngapain orang naik gunung, tapi akhirnya turun lagi?" atau "Ngapain orang main golf pake stick golf yang mahal padahal pake ujung gagang payung juga bisa?" Hahaha,,saya ketawa garing (lagi). Om Jono yang dulu saya kenal tuh cool, berwibawa, dan ngomong seadanya. Kenapa jadi ngelawak begini ya sekarang??

20 menit kemudian, setelah Alex menemukan DVD yang mau dipinjemin ke saya, saya pun pamit pulang. Sebenarnya saya agak enggak enak ya, datang tapi tidak bawa apa-apa dan saya ingat kalau di tas saya ada 3 buah gelas Coca Cola. Bukan sembarang gelas, ini limited edition, enggak semua orang punya loh. Akhirnya saya kasih satu gelas sebagai permohonan maaf buat dua dosa saya yang dulu itu. Ya, anggap saja ini gelas dari ketulusan hati saya yang paling dalam. "Om, ini ada gelas bagus. Keren nih Om, cocok buat dipake Om sambil nonton bola." kata saya sok keren.

Saya yakin 1000 persen kalau si om bakalan suka dan bilang terima kasih berulang-ulang ke saya. Tapi lagi-lagi saya salah. Benar-benar salah. "Duh Sani, ngasihnya kok cuma satu sih? Di sini kan ada banyak orangnya? Om enggak nolak kok kalau kamu kasih lagi ya." kata si Om Jono sambil melihat-lihat gelas pemberian saya. "Hahaha.." saya pun tertawa garing (lagi dan lagi). "Main-main lagi ke sini ya, Sani," kata si Om Jono ramah. Setelah salaman sebentar, saya pun beranjak pulang dan kayaknya ini adalah kunjungan terakhir saya untuk waktu yang tidak ditentukan. (Cerita ini dikirim oleh Stefanus Sani, Bandung)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya