Warga Desa Liang Awaia Maluku Prakarsai Penanaman TOGA

Warga Desa Liang yang bergotong royong menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Pemanfaatan tumbuhan obat pada umumnya adalah terdapat pada penggunaan tumbuhan tersebut sebagai bahan rempah atau bumbu masakan yang mempunyai fungsi sebagai penambah rasa dan juga aroma. Terkadang banyak yang tidak mengetahui kalau tanaman-tanaman tersebut memiliki fungsi yang lain yaitu sebagai obat-obatan dari berbagai macam penyakit.

Musyawarah Besar Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris UMI

Sekelompok warga Desa Liang Awaia, Kabupaten Maluku Tengah memprakarsai pembuatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di desa mereka. Tentunya hal ini patut diapresiasi bersama, karena tingginya kemauan warga untuk ikut mandiri dan menyukseskan program-program PKK di Kabupaten Maluku Tengah.

Merry Japlely selaku sekretaris Desa Liang Awaia menyampaikan, "Pemerintah melalui PKK selalu menggalakkan untuk menanam Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Sebab kita tahu bersama jika pemerintah mengharapkan agar penduduk di Indonesia menjadi lebih mandiri tanpa harus bergantung pada obat-obatan kimia yang juga sangat berakibat fatal dengan efek samping yang diberikan."

Wahai Orang yang Tidak Berpuasa, Hormatilah Bulan Ramadan

Selain itu, Japlely menambahkan kalau ia akan terus menjalankan program tanaman obat keluarga ini agar desanya bisa menjadi contoh bagi desa yang lain. (Tulisan ini dikirim oleh Elsaandriani)

Jeruk Nipis

4 Tanaman Obat Mudah Didapat Ini Ampuh Sembuhkan Penyakit

Salah satunya, jeruk nipis.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2018