UGM Jamin Kesehatan dan Kecelakaan Peserta KKN

Peserta KKN-PPM UGM
Sumber :

VIVA.co.id – Sebanyak 5.813 mahasiswa UGM akan mengikuti KKN-PPM tahun 2016. Peserta KKN-PPM ini akan mengikuti kegiatan mulai 20 Juni hingga 7 Agustus 2016 di 33 provinsi, 108 kabupaten, 179 kecamatan, dan 276 desa. Dari beberapa lokasi tersebut, 16 di antaranya berada di daerah perbatasan Indonesia.

Tanggung Jawab dan Rekonsiliasi Masyarakat Lumban Dolok

Menurut rencana pelepasan ribuan peserta KKN-PPM tersebut akan dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. “Rencananya pelepasan peserta KKN-PPM ini akan dilakukan langsung oleh Bu Puan Maharani dan dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, besok Senin,” papar Direktur Direktorat Pengabdian, Ir. Irfan Dwidya Prijambada, M.Eng., Ph.D., Kamis (16/6).

Sementara itu, jumlah dosen pembimbing lapangan (DPL) yang terlibat sebanyak 221 orang dan 25 koordinator wilayah (koordinator kabupaten). Selama mengikuti KKN, baik mahasiswa, dosen pembimbing lapangan, dan pengelola KKN mendapatkan jaminan bantuan biaya kesehatan dan kecelakaan dari universitas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya risiko gangguan kesehatan dan kecelakaan selama KKN berlangsung.

Jokowi Diminta Lerai Konflik Ketua Pramuka dengan Menpora

“Jaminan berlaku mulai 20 hari sebelum dan 20 hari sesudah KKN,” imbuhnya.

Irfan menjelaskan bantuan biaya yang dimaksud antara lain santunan kematian, bantuan darurat untuk evakuasi dan pemulangan jenazah atau kecelakaan, ketidakmampuan yang bersifat tetap, penggantian biaya pengobatan atau perawatan medis atau bedah, serta santunan biaya rawat inap.

Bantuan untuk Pesantren Mirrozatul Lombok Barat

Selain itu, UGM juga menyiapkan bantuan biaya pemakaman, santunan patah tulang, santunan karena bencana alam, biaya fisioterapi, biaya konseling trauma dan bantuan alat bantu kesehatan. “Jadi, sama seperti tahun sebelumnya UGM menyiapkan jaminan berupa bantuan biaya kesehatan dan kecelakaan tersebut,” tegas Irfan. (Tulisan ini dikirim oleh Satria Ardhi Nugraha, Humas UGM)

Ilustrasi.

Pergilah Dinda Cintaku

Maafkan aku yang terlalu berlebihan mencintaimu.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2018