Kawasan Rumah Pangan Lestari dengan Sistem Hidroponik

KKN mahasiswa UMM
Sumber :
  • u report

VIVA.co.id - Puluhan masyarakat dan aparat desa sangat antusias menyambut demonstrasi dari mahasiswa KKN 129 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tentang Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dengan sistem hidroponik yang dilaksanakan pada Jumat, 5 Agustus 2016 di Balai Desa Ngadirejo, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara aparat desa dan mahasiswa KKN 129 Universitas Muhammadiyah Malang.

Kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) ini dimulai pukul 09.00-11.00 WIB dan dilanjutkan pukul 13.00-15.00 WIB dengan tujuan agar masyarakat Desa Ngadirejo yang mayoritas petani dapat mengefisiensi waktu dan tenaga. Istri Kades Ngadirejo, Sucik mengatakan, "Kegiatan ini cukup membantu karena diletakkan di balai desa. Minimal orang-orang dapat melihat bahwa Desa Ngadirejo pernah membuat KRPL hidroponik, dan saya berterima kasih untuk kerjasama dengan KKN 129 UMM semoga bermanfaat dan membawa kebaikan untuk selanjutnya."

Kegiatan KRPL dimulai dengan mengisi gelas aqua bekas yang sudah dilubangi dengan menggunakan media pakis dan bibit sayuran. Kemudian dimasukkan di paralon yang sudah dilubangi dan selanjutnya dialiri air dengan sambungan listrik. Masyarakat yang datang sangat memerhatikan dengan seksama cara kerja KRPL sistem hidroponik ini. Salah satu warga, Bagus mengatakan, "Kegiatan ini merupakan suatu hal baru untuk wilayah Ngadirejo. KRPL ini bisa dikembangkan dan dijadikan contoh dengan melihat efektivitas tanaman dan efektivitas waktu panen.”

Edu House Rayakan Harlah ke-8

Koordinator Desa, Andre Hartono menambahkan, "KRPL dengan sistem hidroponik ini merupakan terobosan baru karena KRPL ini merupakan jalan pintas yang notabene masyarakat Ngadirejo sebagai petani." Jadi mereka lebih banyak menghabiskan waktu di sawah. Sehingga dengan sistem hidroponik diharapkan dapat mengefisiensi waktu dan tenaga serta melestarikan KRPL sehingga sangat mendukung KRPL di Desa Ngadirejo Kecamatan Kromengan. Acara ini semakin semarak dengan adanya partisipasi aparat desa dan mahasiswa KKN 129 Universitas Muhammadiyah Malang. (Tulisan ini dikirim oleh Putri Akbar, Humas KKN 129 Universitas Muhammadiyah Malang)

Panen buah naga (Hylocereus undotus) di Sleman

Cara Menanam Buah Naga Secara Hidroponik

Hidropinik buah ini baiknya ditanam dengan sistem sumbu sederhana.

img_title
VIVA.co.id
23 November 2016