Peringatan Hari Pahlawan di Tapal Batas Negara

Dansatgas yonif 407/PK saat kunjungi stand pameran Satgas.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Upacara Peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2016, bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma yang dilaksanakan di tapal batas RI-PNG sebelum pilar batas RI-PNG MM 13 Sota, Merauke, ternyata memberikan rasa sukacita yang mendalam untuk Sintia Gepse, siswi kelas V SD YPPK Yanggandur Distrik Sota dan para pemenang yang lain.

Peringati Hari Pahlawan, Wakasal dan Mensos Risma Upacara dan Tabur Bunga di Perairan Teluk Jakarta

Di tapal batas RI-PNG dalam Peringatan Hari Pahlawan tahun 2016 yang bertema "Satukan Langkah untuk Negeri” ini dimeriahkan dengan diadakan lomba busana pejuang dan lomba membaca puisi dengan judul Pahlawan Tak Dikenal ciptaan Toto Sudarto Bachtiar.

Sebagai juara umum busana pejuang adalah perwakilan siswa-siswi SD YPK Sota. Sedangkan pemenang pertama lomba puisi adalah Sintia Gepse, siswi kelas V SD YPPK Yanggandur. Pemenang kedua atas nama Antonius, siswa dari SMP Negeri Erambu. Dan pemenang ketiga adalah Erik, siswa dari SMP Negeri 11 Sota.

Cak Imin Ziarah Makam Pahlawan Nasional Kiai As'ad di Situbondo, Ingatkan Resolusi Jihad

Sukacita terpancar di wajah para pemenang. Apalagi saat mereka menerima ucapan selamat dari penonton dan menerima hadiah dari Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma. “Sintia Gepse, meskipun masih siswi Sekolah Dasar tetapi semangat, keberanian, artikulasi, mimik dan penghayatannya dalam membaca puisi sangat mengharukan. Walaupun lawan lombanya adalah siswa SMP dan SMK,” ungkap salah satu juri.

Sementara itu, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 407/Padmakusuma Letkol Inf Abi Kusnianto mengatakan perlombaan ini selain untuk memeriahkan Hari Pahlawan, juga bertujuan membangkitkan keberanian dan rasa percaya diri anak-anak perbatasan untuk tampil di muka umum dengan potensi yang mereka miliki.

Peringati Hari Pahlawan 2023, Wamenaker : Pahlawan Ajarkan Jangan Jadi Bangsa Pecundang

Di tapal batas tersebut juga diadakan pameran Alutsista TNI dan peralatan Basarnas. Pameran ini digelar agar masyarakat distrik Sota, Merauke, bisa mengenal dan melihat beberapa Alutsista TNI dan peralatan Basarnas dari dekat. (Tulisan ini dikirim oleh Padmakusuma, Merauke)

Ilustrasi Bendera Merah Putih.

Peringatan Hari Pahlawan, Bendera Merah Putih Berkibar di Perbatasan RI-Timor Leste

Masyarakat diingatkan untuk selalu menghargai jasa para pahlawan.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2023