Menghijaukan Kembali Indonesia dengan Menanam Pohon

Ilustrasi tanam pohon
Sumber :
  • Pixabay/umutavci

VIVA.co.id – Tanggal 10 Januari diperingati sebagai Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia. Gerakan ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan melalui perawatan pohon sehingga tetap hijau. Kita tahu bagaimana fungsi pohon di sekitar kita.

Penanaman Pohon dan Coaching Clinic Ada di Behind Football Liga 2 di Padang

Pohon, batang hidup dengan juntaian daun hijau, dan memiliki proses fotosintesis yang mengagumkan menjadi komponen alam penting bagi manusia dan hewan. Pohon diketahui dapat mengurangi kadar CO2 di udara dan menghasilkan O2. Pohon juga dapat menahan laju air sehingga akan lebih banyak yang terserap ke dalam tanah.

Menurut penelitian, tegakan hutan yang berdaun jarum mampu membuat 60 persen air hujan terserap tanah. Bahkan tegakan hutan yang berdaun lebar mampu membuat 80 persen air hujan terserap tanah. Dengan kemampuan ini akan meningkatkan cadangan air tanah yang berujung pada kesejahteraan manusia.

Inisiatif Hijau di Kabupaten Bogor, Langkah Nyata Menjaga Antisipasi Banjir dan DBD

Gerakan Satu Juta Pohon pertama kali dicanangkan oleh Presiden Soeharto pada 10 Januari 1993. Gerakan Satu Juta Pohon bertujuan mewujudkan lingkungan yang sejuk, sehat, dan asri. Hal ini ditempuh dengan cara mengajak seluruh lapisan masyarakat menanam pohon sampai melampaui satu juta pohon di setiap provinsi.

Penanaman pohon ini sebenarnya juga dilakukan sebagai pengganti banyaknya pohon yang rusak dan punah akibat erosi. Selain itu, sebagai antisipasi terhadap pohon-pohon yang habis akibat maraknya pembalakan liar dan kebakaran hutan yang merusak ekosistem di sekitar hutan.

Gencar Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca, IDSurvey Tanam 2.021 Pohon

Pemerintah diharapkan ikut andil dalam gerakan ini, minimal sekali setahun dengan fokus di daerah-daerah yang rawan terjadi pengrusakan dan pembakaran hutan. Hal ini penting dilaksanakan agar Indonesia kembali menjadi paru-paru dunia yang telah melekat sejak dulu. Kemudian, masih banyak manfaat pohon untuk menjaga kelangsungan makhluk hidup lainnya.

Poinnya adalah bagaimana seluruh elemen masyarakat bisa menanam dan menjaga agar pohon tetap tumbuh sampai besar sehingga manfaatnya pun akan dirasakan sampai nanti. Kami mengajak para pembaca sekalian agar ikut serta merawat dan menjaga kelestarian lingkungan, serta merawat pohon-pohon yang ada di sekitar kita. (Tulisan ini dikirim oleh Rahmad Novandri)

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho

Aksi Nyata Kombes Zain Dwi Atasi Masalah Perubahan Iklim

Kapolres Tangerang Kota, Kombes (Pol) Zain Dwi Nugroho bersama jajarannya, menanam pohon Pule dan mahoni di samping kantor Mapolres.

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2024