Ayo Kunjungi Taman Margasatwa Indonesia

Mahasiswa LSPR saat kampanye di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta.
Sumber :

VIVA.co.id – Indonesia memiliki banyak taman margasatwa di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lain-lain. Taman margasatwa di Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia untuk berlibur bersama keluarga.

Dua Harimau Sumatera di Ragunan Membaik, Segera Diswab Ulang

Selain sebagai tempat rekreasi, taman margasatwa di Indonesia memiliki fungsi lainnya seperti konservasi, observasi, dan edukasi. Bahkan ada beberapa hewan asli dan langka Indonesia yang dikembangbiakan di taman margasatwa. Seperti halnya orang utan, gajah Sumatra dan harimau Sumatra.

Apakah terbayang jika kondisi taman margasatwa tersebut tidak kita jaga? Hal tersebut dapat berimbas kepada menurunnya jumlah hewan yang tercatat hampir punah bahkan yang tidak tercatat menjadi memiliki status punah. Hal lainnya yang menjadi dampak adalah menurunnya pengunjung karena mulai bermunculan opini publik yang mengatakan bahwa kualitas tempat rekreasi di Indonesia, khususnya taman margasatwa dinilai buruk.

17 Ribu Pengunjung Penuhi Ragunan di Libur Hari Lahir Pancasila

Untuk itulah, sekelompok mahasiswa The London School Of Public Relations Jakarta menjalankan sebuah  kampanye yang berjudul ”Ayo Kunjungi Taman Margasatwa Indonesia” dengan tagline All Memories and Future Start There. Kampanye tersebut bertujuan untuk mempromosikan taman margasatwa di Indonesia menjadi salah satu destinasi pariwisata favorit Indonesia yang dapat dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Serta ingin mengubah persepsi publik terhadap taman margasatwa Indonesia, yang menurut sebagian masyarakat memiliki sarana dan prasarana yang kurang lengkap dan maksimal.

Kampanye ini dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Karena kita tidak bisa menghindar dari efek sosial media di zaman sekarang yang ternyata memberi pengaruh besar secara global. Sosial media juga dianggap sebagai jembatan komunikasi yang murah dan efektif yang digunakan saat ini.

Catat, Minggu 16 Mei 2021 Taman Margasatwa Ragunan Tutup

Selain melalui media sosial, kampanye ini juga dilaksanakan dalam bentuk event dengan target utama anak kecil atau usia taman kanak-kanak. Dimana mereka masih dalam tahap pembelajaran mengenal sesuatu hal yang baru. Dan target lainnya yaitu orang tua yang dapat memberikan edukasi kepada anaknya tentang taman margasatwa Indonesia.

Hal tersebut tentunya sesuai dengan tagline kampanye ini yaitu All Memories and Future Start There. All Memories akan diwakilkan oleh para orang tua yang dapat bernostalgia ketika mereka masih kecil yang sering diajak ke taman margasatwa Indonesia. Future yang diwakili oleh anak-anak kecil yang dengan diberikan edukasi secara dini akan dapat membuat hal yang lebih baik. Dan Start There yang mewakili dengan taman margasatwa Indonesia.

Kampanye melalui event ini selain memberikan edukasi juga dapat digunakan sebagai sarana praktik langsung setelah diberikan edukasi. Dalam hal ini mahasiswa The London School Of Public Relations Jakarta bekerjasama dengan PAUD Kemuning Cibubur sebagai audience dan Taman Margasatwa Ragunan Jakarta.

Hal nyata yang dapat dilakukan dalam kampanye ini adalah ingin membuktikan dan mengubah persepsi publik terhadap taman margasatwa Indonesia yang dinilai buruk dapat berubah. Dengan cara melihat langsung fakta di lapangan bahwa sebenarnya taman margasatwa di Indonesia tidak kalah bagusnya dengan taman margasatwa di luar negeri.

Dari segi kenyamanan pengunjung pun sudah mulai ditingkatkan. Seperti fasilitas kebersihan, terjaganya sarana dan prasarana, tempat parkir yang memadai, dan yang terpenting adalah kelangsungan hidup dari hewan yang ada di taman margasatwa Indonesia. Mulai dari pemberian makan, minum, serta vaksinasi yang diperlukan.

(Tulisan ini dikirim oleh Ilham Satria Wardana, Zihan Ranidevi, Jessica, Febryana Nur Fitrianasari, dan Nyi RD Dina Rachmawati Subagia, mahasiswa The London School Of Public Relations Jakarta)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya