Warga Bekasi Ingin Proyek LRT Segera Diselesaikan

Pembangunan Proyek LRT
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id – Sebagai daerah penyangga, Kota Bekasi memiliki peran penting untuk Provinsi DKI Jakarta. Termasuk dalam 'menyumbang' kemacetan arus lalu lintas. Persoalan transportasi menjadi keluhan banyak warga Bekasi. Karena hampir semua akses dari Bekasi ke Jakarta dan sebaliknya tak luput dari kepadatan kendaraan. Ditambah penyempitan jalan tol dengan adanya pembangunan proyek kereta listrik ringan atau Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek).

Kabel Proyek LRT Sering Hilang, Polisi: Ternyata Dicuri Karyawan

"Ini masalah klasik yang memerlukan penanganan secara menyeluruh dan serius. Pemerintah pusat sudah memprediksi dan tahu tentang kemacetan yang terjadi di sebagian besar ruas-ruas jalan di Jakarta hingga Bekasi adalah dampak dari volume kendaraan pribadi dari dan ke Bekasi yang terus meningkat. Dan ditambah adanya pembangunan proyek LRT sejak beberapa waktu ini," ujar warga Bekasi Timur, SB Budi Wiryawan.

Upaya Pemerintah pusat dengan menjalankan proyek pembangunan LRT Jabodebek dengan anggaran Rp23 triliun ditargetkan selesai cepat. Guna menyambut Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang. Diharapkan proyek ini akan dapat mengurai masalah kemacetan parah yang kerap kali menyiksa warga Bekasi saat menuju tempat pekerjaan di Jakarta dan sebaliknya.

Agustus, Warga DKI Sudah Dapat Menikmati LRT

"LRT harus ditangani Pemerintah dengan komitmen dan kerja keras yang maksimal. Kami warga Bekasi mendesak pemerintah agar LRT Jabodebek dibereskan dengan baik dan tuntas demi masa depan warga Bekasi. Kalau buat hajat hidup rakyat luas seperti LRT, pemerintah bisa gunakan APBN tanpa ragu. Dan rakyat pasti mendukung," tegas wartawan media online terkemuka di Bekasi tersebut.

Dalam analisa Budi, pembangunan infrastruktur haruslah menjadi prioritas utama dalam APBN karena menyangkut kemajuan perekonomian negara yang akan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Anggaran LRT Rp 23 triliun bukanlah hal sulit bila Pemerintah mampu merumuskan langkah-langkah inovatif kreatif.

Detik-detik LRT Sumsel Gagah Melintas Sungai Musi

Seperti menggandeng dan menjamin pengusaha nasional yang tertarik dengan area bisnis yang terbangun di persimpangan dan halte-halte sepanjang lintasan LRT, menghapus mata anggaran di berbagai kementerian dan lembaga negara yang kurang tepat hanya seremonial, inefisien, dan atau tak terkait langsung dengan problem rakyat kekinian.

"Presiden Jokowi harus pimpin langsung penuntasan proyek LRT dengan mekanisme pembiayaan dari APBN tanpa bergantung kepada investor lain atau bahkan pihak asing. Jangan sampai LRT bernasib sama dengan monorail di Jakarta yang mangkrak akibat alasan kekurangan anggaran dan tak mendapatkan investor," pungkas Budi. (Tulisan ini dikirim oleh Ricky Tamba, Jakarta)

Bursa Efek Indonesia / BEI atau Indonesia Stock Exchange / IDX

Anak Usaha Adhi Karya Bakal IPO, Cari Dana Rp1,6 Triliun Buat Ini

Anak usaha Adhi Karya atau Adhi Commuter Properti akan IPO dengan melepas maksimal 28,6 persen sahamnya.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2021