Mencicipi Lezatnya Kupat Glabed Khas Tegal

Kupat Glabed khas Tegal.
Sumber :

VIVA.co.id – Apa yang ada di pikiran Anda saat mendengar kata kupat atau ketupat? Tentu saja makanan yang satu ini sangat identik dengan makanan saat momentum hari raya Lebaran. Namun,  ada ketupat yang dapat Anda temui kapan saja, lengkap dengan  khas kuah kentalnya yang begitu fenomenal dan sekaligus menggugah selera untuk segera disantap. Kupat glabed namanya.

Tanggung Jawab dan Rekonsiliasi Masyarakat Lumban Dolok

Kupat glabed merupakan makanan khas kota Tegal, Jawa Tengah. Ada yang unik dari nama belakangnya yaitu "glabed". Glabed di sini sebenarnya berasal dari ucapan orang Tegal untuk mengekspresikan kuah yang kental ini. Glabed-glabed!

Gambaran paket komplit dari tampilan kupat glabed ini adalah ketupatnya yang dipotong-potong dengan ukuran yang agak besar, lalu disiram dengan kuah glabed yang kaya akan rempah-rempah alami yang menyedapkan. Untuk topping-nya adalah kerupuk mie kuning yang diremas, lengkap dengan taburan bawang goreng renyah di atasnya. Sebagai lauknya, kupat glabed selalu didampingi dengan sate ayam atau sate kerang dengan kuah pedas.

Jokowi Diminta Lerai Konflik Ketua Pramuka dengan Menpora

Salah satu tempat yang strategis untuk mencicipi esensi dari cita rasa kupat glabed ini adalah di Alun-alun Kota Tegal. Di sana banyak penjual kupat glabed dengan harga yang terjangkau dan rasa yang tidak perlu diragukan lagi. (Tulisan ini dikirim oleh Anggie Ayu Reni Kuswoyo, mahasiswa jurnalistik, Universitas Nasional, Jakarta)

Ilustrasi.

Pergilah Dinda Cintaku

Maafkan aku yang terlalu berlebihan mencintaimu.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2018