Download Our Application
A Group Member of VIVA
img-thumb

viva.co.id

  • Rabu, 10 Januari 2018 | 16:57 WIB
  • Pantai Temajuk, Keindahan Alam Tersembunyi di Kalimantan

  • Oleh
    • Elly Herawati,
    • Vina Putri Bahari
Pantai Temajuk, Kalimantan Barat.
Photo :
Pantai Temajuk, Kalimantan Barat.

VIVA – Indonesia memiliki sangat banyak objek wisata alam yang indah dan menarik. Menurut Menteri Pariwisata, Arief Yahya, pada 2016 kemarin bahwa Indonesia pada 2019 menargetkan untuk dapat menempati posisi di ranking 30 dunia dalam acara Travel and Tourism Competition Index (TTCI). Pada perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat terdapat sebuah pantai yang cukup asri bernama Pantai Temajuk.

Pantai Temajuk memiliki garis pantai yang cukup panjang yaitu kurang lebih 60 kilometer. Temajuk merupakan desa yang berada di sebelah utara bagian barat Pulau Kalimantan. Hanya berjarak empat kilometer dari Teluk Melano, Malaysia.

Pantai Temajuk terletak di ujung utara bagian barat Kalimantan Barat. Pantai Temajuk berada di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Di Pantai Temajuk, Anda akan dihadapkan dengan kondisi pantai yang masih alami. Dengan pantai pasang laut yang eksotis, hamparan pasir pantai yang lembut berpadu dengan gugusan bebatuan granit yang membentuk formasi yang indah. Air laut juga masih jernih, saat cuaca cerah langit nan biru serta awan putih yang bergumpal bagaikan kapas.

Untuk Anda yang memiliki jiwa muda dan suka petualangan alam, tempat ini sangat cocok untuk Anda. Terdapat dua alasan mengapa Anda perlu berkunjung ke Pantai Temajuk. Pertama, Pantai Temajuk adalah tempat yang bagus untuk snorkel di Teluk Atong dan tempat bertelur bagi penyu-penyu. Tak heran kalau banyak orang yang mengincar tempat ini hanya untuk melihat hewan penyu tersebut yang sebenarnya sulit untuk ditemukan di daerah lain, khususnya di Kalimantan Barat.

Kedua, Anda dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan di tepi pantai dan dermaga atau berenang. Pada Oktober sampai Februari adalah saat yang tepat bagi peselancar untuk menguji adrenalin. Berkat angin yang cukup kencang dan tinggi, gelombang di pantai ini bisa mencapai dua meter atau bahkan lebih.

Di Dermaga Temajuk yang sangat panjang dan menjorok ke laut, Anda dapat melihat panorama yang sangat indah terutama pada saat sunset. Jangan sampai melewatkan detik-detik matahari tenggelam kembali ke peraduan yang eksotis dari Pantai Temajuk, ya!

Anda dapat memilih tiga jalur perjalanan menuju Pantai Temajuk. Yaitu melalui jalur laut, darat, atau udara. Jika melewati jalur darat menggunakan mobil, dibutuhkan total waktu perjalanan lebih dari 12 jam dari Pontianak menyeberangi Sungai Sambas dan Sungai Sumpit di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Bila dari Kota Sambas, Anda membutuhkan waktu tempuh setengah waktu perjalanan dari Pontianak, yakni lima sampai enam jam. Anda tidak perlu takut tersesat, karena Anda cukup mengikuti jalan besar utama untuk sampai ke Pantai Temajuk.

Saat menyeberangi Sungai Sambas, penyeberang bisa memanfaatkan kapal feri ASDP. Namun, saat menyeberangi Sungai Sumpit yang besarnya sama dengan Sungai Sambas, penyeberang harus menggunakan kapal rakit bermesin tempel yang dioperasikan secara swadaya oleh warga. Jika lewat udara dapat menggunakan helikopter. Akan tetapi yang menggunakan jalur udara banyak dari para pejabat apabila melakukan kunjungan kerja ke kawasan Desa Temajuk.

Jarak Desa Temajuk ke ibu kota kecamatan sekitar 45 km atau sekitar 2,5 sampai 3 jam dengan sepeda motor dan bisa melalui dua jalur. Dari Kota Liku, Kecamatan Paloh kita menuju penyeberangan Sungai Sumpit, kemudian menyeberang menggunakan perahu motor atau feri ASDP ke Ceremai. Dan dari Ceremai dapat melalui jalur kapal atau pun langsung.

Jika kita dari Sungai Tengah bisa langsung tiba di Temajuk dengan akses jalan baru, yang dibuat oleh TNI. Jarak Desa Temajuk ke ibu kota kabupaten sekitar 90 km atau 4 sampai 5 jam dengan menggunakan mobil. Jarak Desa Temajuk ke ibu kota provinsi sekitar 315 km atau lebih dari 9 jam dengan menggunakan mobil.

Apabila melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor dari Kota Pontianak ke ibu kota Kabupaten Sambas, membutuhkan waktu tempuh sekitar lima jam, dengan jarak tempuh sekitar 225 kilometer. Perjalanan dimulai dari Kota Pontianak menuju ke arah Sambas, kemudian ambil jalur yang menuju Kartiasa.

Sebelum sampai di Desa Temajuk, Anda akan menemukan Patung Tugu Garuda berdiri nan megah. Patung Tugu Garuda ini merupakan landmark Indonesia di perbatasan Indonesia – Malaysia. Di sekitar sana terdapat beberapa warung kecil. Sehingga Anda dapat berhenti untuk berfoto sembari melakukan istirahat.

Di sarankan untuk berangkat ke Pantai Temajuk lebih baik pada pagi hari dan bukan pada saat musim hujan atau kemarau. Karena rute perjalanan masih berbentuk tanah merah sehingga jalan akan menjadi licin atau saat musim kemarau jalanan akan menjadi berdebu dan sulit melihat jalan.

Tak terbayang serunya ke Pantai Temajuk, bukan? Jadi, tunggu apalagi. Mari ajak teman-teman traveling kalian untuk berjelajah bersama menikmati menuju keindahan alam Pantai Temajuk! (Tulisan ini dikirim oleh Vina Putri Bahari)

 

Saksikan Juga :