Cerita Menegangkan Bawa Bus Tua ke Jakarta

Pameran bus klasik di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Ada 10 bus tua yang tampil dalam acara Indonesia Classic N Unique Bus (Incubus), yang digelar di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 22-24 Maret 2018.

Kemanakah 41 Bus Listrik Buatan RI Usai Dipakai G20, Ini Kata Menhub Budi Karya

Uniknya, membawa bus-bus tersebut ke lokasi pameran bukan pekerjaan yang mudah. Sebab, beberapa bus harus didatangkan dari luar kota dengan cara dikendarai langsung.

Maka, tidak heran jika para sopir bus tersebut mempunyai banyak cerita menarik selama perjalanan.

Mau Sewa Bus Klasik, Segini Tarif per Harinya

Seperti pengalaman Wari Wahyudi, yang mengemudikan bus Mercedes-Benz Vario lansiran 1995 milik Perum Damri dari Purworejo, Jawa Tengah.

Kata dia, bus Vario yang ia kemudikan jumlahnya terbatas di Indonesia, karena didatangkan langsung dari Jerman dan memiliki spesifikasi gardan ganda.

Sedan Ini Tak Berbentuk, Usai Dikemudikan 208 Km/jam

"Jaraknya hampir 400 kilometer. Kendalanya, karena bus sudah lama enggak jalan, saat sampai Bumi Ayu oli dari power steering bocor," ujarnya kepada VIVA di PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 23 Maret 2018.

"Jalan lagi sampai Brebes, perseneling agak sulit, tahunya seal bocor. Bagusnya enggak sampai diberhentikan polisi," tuturnya.

Untuk bisa tiba di Jakarta, pria paruh baya itu mengemudi dengan kecepatan hanya 60-70 kilometer per jam. Itu pun posisi AC harus mati saat di Tol Cipali. Sebab, kecepatan akan berkurang jika AC dinyalakan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya