Asuransi Mobil yang Cocok untuk Kondisi Jakarta, Ini Kata Pakarnya

Tabrakan sebuah mobil dan motor gede
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Memiliki kendaraan impian kini semakin mudah, berkat adanya sistem pembayaran kredit. Selain pembayarannya bisa dicicil, paket kredit juga sudah termasuk perlindungan asuransi.

Klaim Asuransi Kendaraan Saat Ini Tidak Lagi Ribet

Untuk kendaraan bermotor, ada dua tipe asuransi yang tersedia. Yang pertama adalah Total Loss Only, yakni jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan yang nilainya lebih dari 75 persen dari harga pertanggungan.

Tipe kedua yakni komprehensif, atau biasa dikenal dengan istilah All Risk. Tipe ini memberi jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan yang terjadi pada kendaraan, meski nilai kerugiannya lebih kecil dari harga pertanggungan.

Mobil Kebanjiran Jangan Asal Klaim Asuransi

Lantas, mana tipe yang ideal untuk pemilik mobil yang tinggal di kota-kota besar dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi?

Bodi mobil sobek

Jangan Asal Ngotot, Ini Alasan Asuransi Kendaraan Tolak Klaim

Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra, Gunawan Salim mengatakan, jika beraktivitas menggunakan kendaraan di kota yang tingkat kepadatannya tinggi, maka tipe komprehensif adalah yang paling ideal.

“Kalau yang komprehensif, luka sedikit saja kan kami ganti. Apalagi, kondisi di Jakarta potensi kesenggol itu besar. Kesenggol ganti (diklaim ke asuransi), cacat ganti,” ujarnya di Jakarta, Kamis, 18 Oktober 2018.

Sebagai contoh, jika spion mobil rusak atau patah, maka itu tidak bisa diklaim jika memiliki asuransi tipe TLO.

“Kalau TLO, harus nyampe 75 persen dulu kerusakannya baru bisa diganti,” tuturnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya