Ubah Asuransi dari TLO ke All Risk, Ini Kisaran Biayanya

Mobil Honda Mobilio mengalami kecelakaan hingga terguling
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Setiap mobil yang dibeli secara kredit dilindungi oleh asuransi. Dengan adanya perlindungan, maka pemilik tidak perlu khawatir bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama masih membayar cicilan.

Klaim Asuransi Kendaraan Saat Ini Tidak Lagi Ribet

Saat memilih paket kredit, konsumen diberi pilihan perlindungan asuransi. Ada dua tipe yang tersedia, Total Loss Only dan All Risk atau Komprehensif. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing.

Biasanya, konsumen akan memilih paket TLO karena premi yang harus dibayar lebih murah. Namun, perlindungan yang didapat juga sesuai dengan pertanggungan yang dibayar.

Mobil Kebanjiran Jangan Asal Klaim Asuransi

“Kalau TLO, 75 persen kerusakan baru bisa diganti,” ujar Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra, Gunawan Salim, di Jakarta, Kamis, 18 Oktober 2018.

Sementara jika memilih Komprehensif, maka konsumen bisa melakukan klaim kapan pun kendaraan mengalami kerusakan atau kehilangan.

Jangan Asal Ngotot, Ini Alasan Asuransi Kendaraan Tolak Klaim

“Kalau yang komprehensif, luka sedikit saja kan kami ganti. Apalagi, kondisi di Jakarta potensi kesenggol itu besar. Kesenggol ganti (diklaim ke asuransi), cacat ganti,” tuturnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, terkadang perusahaan pembiayaan menggabungkan dua tipe asuransi kendaraan itu.

“Misalnya, kredit tiga tahun. Satu tahun pertama Komprehensif, sisanya TLO. Itu berlaku secara otomatis,” ungkapnya.

Jika konsumen ingin mengubah paket TLO menjadi Komprehensif, maka ada biaya tambahan yang harus dibayar. “Selisihnya itu sekitar 30 persen,” kata dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya