Segini Ukuran Alat Pemadam Api yang Cocok untuk Mobil

Alat pemadam api ringan atau APAR
Sumber :
  • Toyota

VIVA – Kebakaran tidak hanya terjadi pada bangunan saja, namun juga benda bergerak seperti kendaraan bermotor. Listrik dan api yang menjadi sumber tenaga, bisa saja menjadi pemicunya.

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Perawatan yang tidak dilakukan secara berkala, berpotensi menimbulkan kerusakan pada komponen mesin. Pemasangan aksesori yang membutuhkan arus listrik dan jumlahnya banyak, juga bisa menjadi penyebab munculnya api.

Bahkan, air radiator yang bocor juga bisa membuat suhu mesin panas secara berlebihan. Akibatnya, pelumas akan keluar dari sela-sela mesin dan menetes pada komponen yang terbuat dari bahan plastik, dan kemudian membakar bahan tersebut.

Mobil Daihatsu Ayla Terbakar di Tanjakan Depok, Pengemudi Selamat

Api bisa dengan cepat melalap semua bagian mobil, terutama yang rentan terpapar panas. Untuk mencegah si jago merah cepat menyebar, disarankan pemilik mobil meletakkan alat pemadam api ringan atau APAR.

“Untuk di mobil, sebaiknya disediakan. Karena, beberapa potensi kebakaran akan terjadi. APAR untuk mobil, cukup yang berbahan powder,” ujar online sales manager PT Global Mitra Proteksindo, Anwar kepada VIVA di Jakarta, Rabu 12 Juni 2019.

Terkuak, Kaki AKP Novandi Patah Terjepit Dashboard Camry

Ia menjelaskan, harga APAR ukuran 1 kg sekitar Rp350 ribu, sedangkan ukuran 500 gram Rp100 ribu. Untuk keperluan area seluas mobil, disarankan membeli yang ukuran besar. “Idealnya ukuran 1 kg,” tuturnya. (kwo)

Laporan Chalilka Putra/Jakarta

VIVA Otomotif: Ilustrasi alat pemadam api ringan atau APAR

Tips Merawat APAR di Mobil

Setiap mobil baru yang dipasarkan di Indonesia harus dibekali dengan alat pemadam ringan alias APAR. Hal itu tercantum di dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 74 tah

img_title
VIVA.co.id
14 Agustus 2023