Bulan Depan, Bus Listrik Bakrie Autoparts Diuji Coba Jadi TransJakarta

Bus listrik Bakrie Autoparts dan BYD
Sumber :
  • Dusep Malik

VIVA – PT Bakrie Autoparts siap memasok bus untuk PT Transportasi Jakarta atau TransJakarta. Bus yang menggunakan energi listrik lansiran BYD tersebut ditawarkan dalam dua model, dan siap diuji coba bulan depan.

Bakrie Autoparts Target Produksi 200 Bus Listrik Rampung Tahun 2023

Chief Executive Officer PT Bakrie Autoparts, Dino A Ryandi mengatakan, bus listrik BYD yang digunakan TransJakarta berukuran 12 meter tipe K9, dan ukuran sedang dengan panjang tujuh meter tipe C6.

“Uji coba TransJakarta dimulai Juli depan. Kami memasukkan dua unit, untuk jalur exiting mereka. Nanti, Oktober ada tiga unit lagi versi high deck. Lama pengujian enam bulan,” ujarnya kepada VIVA, Senin 17 Juni 2019.

Pemprov DKI Bangun Sekolah Pengemudi untuk Sopir Transjakarta

Dino menjelaskan, selama bus listrik asal Tiongkok tersebut diuji coba, TransJakarta menugaskan operator mereka yang ada saat ini. Jika beroperasi, rencananya untuk koridor 1, yakni dari Terminal Blok-M sampai Stasiun Kota.

“Dari pembicaraan dengan TransJakarta, mereka pernah mengutarakan niat untuk menggunakan bus listrik kami di rute busway yang padat, seperti koridor 1,” tuturnya.

Bus Transjakarta Tabrak Pemulung hingga Tewas di Pancoran

Bus listrik tipe C6 dibekali baterai tipe Iron-Phospahte 135 kilo Watt hours. Tenaganya 180 kW, dengan torsi 1.500 Newton meter. Kecepatan maksimalnya 100 kilometer per jam, dan jarak tempuh 200 kilometer.

Dengan daya listrik 380 volt, waktu pengisian baterainya dari nol sampai penuh hanya membutuhkan waktu 3-4 jam. Sedangkan, bus tipe K9 meski tipe baterainya sama, namun dayanya lebih besar, yakni 324 kWh.

Bus listrik jenis low deck itu dapat menyemburkan tenaga 300 kW, dan jarak tempuhnya bisa mencapai 250 kilometer. Untuk waktu pengisian baterainya, dari nol sampai penuh 4-5 jam dengan arus listrik 80 kW. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya