Jakarta Bukan Kota Termacet di Indonesia

Sorot jakarta macet
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Salah satu cara melihat tingkat mobilitas penduduk di sebuah wilayah, adalah dengan memantau kemacetan yang terjadi. Antrean muncul, ketika jumlah pengguna lebih tinggi dari jumlah transportasi umum yang tersedia.

Irjen Aan Beri 'Senjata' Baru untuk Anak Buah Urai Kemecetan Mudik Lebaran

Ada beberapa parameter, untuk menentukan tingkat kemacetan. Contohnya, apabila kecepatan kendaraan mulai turun dari batas rata-rata, atau bisa juga dengan melihat waktu tempuh yang menjadi lebih lama dari biasanya.

Berdasarkan data Asian Development Bank, dilansir Selasa 8 Oktober 2019, tingkat kepadatan jalan naik 24 persen saat jam-jam sibuk. Hal itu terjadi di 278 kota di seluruh dunia.

Catat! Ini Jam Macet di Jakarta saat Puasa Ramadhan

Dalam daftar ratusan kota itu, Ibu Kota Filipina, Manila menjadi kota yang paling macet saat ini. Penyebabnya adalah, tidak tersedia transportasi umum yang murah dan bisa diandalkan dalam hal jadwal.

Hal itu menyebabkan warga Manila lebih memilih untuk menggunakan alat transportasi pribadi, baik mobil maupun sepeda motor. Alhasil, jumlah kendaraan di jalanan bertambah, tidak sesuai dengan kapasitas jalan yang ada.

Polda Metro Antisipasi Peningkatan Kemacetan di Jakarta Saat Jam Sibuk Selama Ramadan

Kota kedua yang tercatat mengalami kemacetan terparah di Asia, yakni Kuala Lumpur, Malaysia, disusul Yangon di Myanmar dan Dhaka di Bangladesh.

Uniknya, Jakarta tidak masuk dalam 10 besar kota termacet di Asia. Bahkan, DKI berada tiga tingkat di bawah Paris Van Java, yakni Bandung. Kota Kembang menempati urutan 14, sementara Jakarta 17 dan Surabaya 20.

Pelabuhan Merak Dipadati Pemudik Menuju Pelabuhan Bakuheni

Rekayasa Lalu Lintas saat Arus Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Merak

Rekayasa lalu lintas menuju Pelabuhan Merak dan Ciwandan, telah disiapkan Ditlantas Polda Banten saat arus mudik lebaran Idul Fitri 2024. Rekayasa saat terjadi kepadatan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024