Survei: Berpergian Pakai Kendaraan Pribadi Kini Dianggap Lebih Aman

Ilustrasi perjalanan dengan kendaraan pribadi.
Sumber :
  • Tourism New Zealand (TNZ)

VIVA – Pandemi Virus Corona telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Termasuk makin banyaknya orang yang memilih menggunakan kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum.

Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya

Dilansir dari Car And Driver, Kamis 25 Juni 2020, sebuah penelitian di Universitas Illinois, Chicago, Amerika Serikat mengkonfirmasi hal tersebut. Penggunaan kendaraan pribadi seperti mobil, dinilai lebih aman dari sisi kesehatan ketimbang transportasi umum seperti pesawat.

Survei dilakukan pada lebih dari 1.000 orang di daerah itu. Hasilnya, 59 responden menganggap, perjalanan jauh dengan mobil lebih minim risiko.

Pelek Baru untuk Mobil Kecil Ini Hadir dengan Beragam Warna

Posisi kedua teraman ditempati oleh sepeda sebanyak 46 persen. Bahkan, jalan kaki (42 persen) dinilai lebih aman ketimbang naik transportasi umum.

Baca juga: Setelah Puluhan Tahun, Rekor Wanita Tercepat di Dunia Terpecahka

Sering Mabuk Perjalanan? Ini Cara Mengatasinya Ketika Mudik Lebaran

Adapun, alasan dibalik perubahan itu adalah 48 persen mengatakan mereka tidak lagi nyaman di sekitar orang asing dalam jarak dekat. Hal itu pun jadi penyebab utama.

Meski survei ini tidak dilakukan secara besar-besaran. Tapi setidaknya bisa menjadi gambaran bagaimana Corona telah memengaruhi pikiran manusia dalam menjalani kehidupannya di masa depan.

Pantau berita terkini di VIVA terkait Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya