Kenangan Habibie, Inisiator Mobnas Hingga Sederet Koleksi Mobil Antik

Presiden BJ Habibie
Sumber :
  • Dok. Foto ANTARA/Audy MA/PF-02/ama.

VIVA – Duka menyelimuti Indonesia. Tokoh nasional, Presiden RI ke-3 BJ Habibie tutup usia pukul 18.05 WIB, Rabu 11 September 2019. Kontribusi dan jasa Habibie pun akan terus dikenang sampai kapan pun. 

Top Otomotif: Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova, Cewek Naik Yamaha R15 Dicari Warganet

Selain bapak demokrasi dan teknologi, Habibie pun perhatian pada industri otomotif Tanah Air. Bahkan, jauh sebelum heboh Jokowi menggembar-gemborkan Esemka sebagai mobil nasional, Habibie sudah mengembangkan impian tersebut pada saat dia menjabat menteri riset dan teknologi di era presiden Soeharto. 

Dilansir dari GoodNews From Indonesia, Kamis 12 September 2019, proyek mobil nasional yang diusung Habibie diberi merek Maleo. Rencananya, Habibie kala itu, akan menggandeng produsen mobil asal Inggris, Rover, untuk memproduksi Maleo. 

Mobil Nasional Pesaing Toyota Innova Disuntik Mati

Rover rencananya akan mengirim Maleo dengan platform mobil sedan, dan komponen yang disematkan nantinya akan dirancang bangun dengan komponen-komponen dalam negeri yang dikembangkan oleh Pindad, IPTN, INTI, LEN, dan Krakatau Steel.  

Sedan Maleo pun rencananya menggendong mesin 1.200 cc dan menggunakan 60 persen komponen lokal. Harga yang dibanderol pun kala itu sekitar mencapai Rp25-30 juta.

MINE SPA1, Calon Mobil Listrik Asal Thailand

Maleo merupakan nama burung dengan nama ilmiah Macrocephalon. Burung ini satwa endemik Sulawesi. Mobnas yang digembar-gemborkan pada medio 1993-1997 itu pun kandas karena krisis ekonomi yang terjadi saat itu.

Kecintaan Habibie akan dunia otomotif pun juga terlihat dari koleksi-koleksi kendaraan yang dimilikinya, baik mobil ataupun motor. Bahkan, Habibie memiliki parkiran besar di kediamannnya untuk menyimpan koleksinya itu. 

Dilansir dari 100KPJ,  kendaraan yang dimiliki Habibie datang dari berbagai genre dan tahun. Untuk mobil, ada yang sedan, SUV, hingga MPV. Semuanya datang dari kelas modern dan klasik.

Salah satu mobil yang paling menyita perhatian adalah Mercy Gullwing SL300 yang di kalangan para kolektor sangat diburu. Mobil ini merupakan produksi antara 1954 hingga 1957. Untuk membuka pintunya, mesti searah vertikal. 

Mobil lain yang tak kalah mencolok adalah S600. Mobil ini sama seperti yang digunakan Presiden RI Joko Widodo, yang punya diferensiasi istimewa. Sejumlah motor gede pun menghiasi parkiran rumahnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya