Intip Waktu yang Tepat agar Untung Beli Mobil

Ilustrasi membeli mobil.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Berencana membeli mobil baru dalam waktu dekat? Anda tentu sudah mulai memilih-milih jenis mobil yang paling tepat untuk dibawa pulang.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Aset yang satu ini termasuk bernilai tinggi, sehingga penting untuk merencanakan pembeliannya dengan baik sejak awal. Bukan hanya bujetnya, waktu pembelian mobil ini juga harus Anda rencanakan dengan baik.

Tidak setiap waktu, pembelian mobil justru bisa lebih menguntungkan jika Anda lakukan di waktu-waktu tertentu. Jika selama ini Anda berpikir bahwa harga mobil akan selalu sama sepanjang pekan, maka mulailah mengubah persepsi seperti ini.

Vespa 140th of Piaggio: Edisi Terbatas Merayakan 140 Tahun

Sama dengan pembelian aset lainnya, beli mobil di waktu-waktu tertentu memang memungkinkan Anda mendapatkan harga yang lebih murah dan menguntungkan. Hal ini mungkin saja tidak pernah terlintas di benak Anda selama ini, apalagi jika ini akan menjadi pembelian mobil yang Anda lakukan untuk pertama kalinya.

Pada dasarnya, ada beberapa waktu terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan harga mobil lebih murah di pasaran. Sehingga Anda bisa menghemat lebih banyak uang untuk kebutuhan yang satu ini.

Terpopuler: Sisi Lain Tabrakan Beruntun Tol Halim, Mudahnya Beli Mobil secara Online

Lalu, kapan waktu yang tepat buat beli mobil biar menguntungkan? Berikut waktu tepat yang bisa Anda manfaatkan untuk membeli sebuah mobil seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Beli mobil di hari kerja (Senin-Jumat)

Membeli mobil di hari kerja akan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan akhir pekan. Tidak setiap hari, pada Senin hingga Rabu menjadi waktu terbaik untuk membeli mobil.

Senin merupakan hari yang sepi, di mana kebanyakan orang akan sibuk dengan berbagai pekerjaan. Namun sebaliknya, ini akan menjadi hari yang tepat untuk membeli mobil, sebab ada kesempatan mendapatkan waktu yang panjang dan lebih leluasa untuk melakukan negosiasi dalam pembelian ini.

Kondisi yang hampir sama juga bisa Anda dapatkan di hari Selasa dan Rabu. Hindari beli mobil di hari Sabtu dan Minggu, sebab dealer akan jauh lebih sibuk di akhir pekan seperti ini.

Anda akan bertemu dengan banyak pembeli lainnya di akhir pekan, sehingga hanya memiliki waktu yang sempit untuk melakukan negosiasi dengan pihak dealer. Kondisi ini tidak akan menguntungkan, sebab Anda akan sulit mendapatkan kesempatan dapatkan harga yang lebih murah untuk mobil idaman tersebut.

2. Beli mobil di akhir bulan dan akhir tahun

Akhir bulan juga bisa menjadi waktu terbaik dan menguntungkan untuk membeli mobil. Namun bukan di dua hari terakhir, waktu terbaik justru bisa didapatkan di tanggal 26-28 setiap bulannya.

Beberapa hari itu akan memungkinkan Anda mendapatkan penawaran paling menguntungkan. Sebab, pada umumnya pihak dealer akan memiliki target penjualan bulanan yang harus dipenuhi.

Selain akhir bulan atau akhir tahun, biasanya selalu menjadi waktu paling menguntungkan untuk membeli mobil. Sama dengan produk lainnya, penjualan mobil di akhir tahun memang identik dengan berbagai penawaran menarik dan juga diskon harga.

Bulan Oktober hingga Desember menjadi waktu terbaik yang bisa Anda manfaatkan. Karena pihak dealer juga sudah mulai fokus pada target penjualan tahunan mereka.

Anda bisa mendapatkan harga terbaik dan juga beragam penawaran menarik lainnya, jika melakukan pembelian mobil di akhir tahun seperti ini. Gimana? Sudah bersiap mau beli mobil tahun ini juga?

3. Beli mobil di musim liburan

Musim liburan juga bisa menjadi waktu terbaik untuk membeli mobil. Anda bisa mendapatkan harga mobil yang lebih menguntungkan, karena pada umumnya dealer akan memberikan banyak penawaran menarik di momen-momen liburan dan hari besar seperti ini.

Ada beberapa waktu terbaik yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan harga mobil yang lebih menguntungkan. Seperti, Harbolnas, tahun baru, Hari Kemerdekaan (17 Agustus), dan lainnya. Anda bisa memilih salah satu waktu terbaik ini sebagai pertimbangan.

4. Beli mobil di awal tahun
 
Awal tahun juga bisa menjadi waktu terbaik untuk mendapatkan mobil dengan harga yang paling menguntungkan. Namun bukan mobil keluaran terbaru, pembelian ini akan efektif jika Anda membeli mobil keluaran tahun kemarin di awal tahun nanti.

Awal tahun identik dengan produk yang baru, sehingga produsen mobil akan membutuhkan peningkatan penjualan produk yang lama terlebih dahulu. Produk yang lama harus dikeluarkan lebih banyak dari gudang, sehingga produk baru bisa masuk.

Hal ini biasanya dilakukan dengan pemberian potongan harga dan beragam penawaran menarik lainnya, maka Anda bisa mendapatkan harga terbaik dalam pembelian di awal tahun.

Pilih waktu terbaik dan dapatkan harga paling menguntungkan

Bagi Anda yang ingin membeli mobil, Anda tentu sudah mulai mempersiapkan rencana yang tepat untuk urusan satu ini. Pembelian mobil harus dilakukan di waktu yang tepat, sehingga Anda bisa mendapatkan harga paling menguntungkan di pasaran. 

Pastikan Anda memahami kapan saja waktu terbaik ini, pilih waktu yang paling tepat untuk mendapatkan mobil idaman Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya