Jakarta Punya Fenomena yang Bikin Heran Relawan Ranjau Paku

Ranjau paku di jalanan Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id / Syaefullah

VIVA – Para pengendara sepeda motor di Jakarta dibuat tidak nyaman oleh oknum penyebar ranjau paku. Mereka beraksi di beberapa wilayah, dengan tujuan utama merusak ban kendaraan yang melintas.

Misteri Hilangnya Dusun Legetang di Kawasan Dieng, Ratusan Jiwa Terkubur Hidup-hidup

Senin kemarin, Dinas Perhubungan DKI mendapat laporan dari warga mengenai adanya ranjau paku yang sengaja ditebar di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan. Mereka lalu mengerahkan tim sembari membawa mobil khusus penyapu ranjau.

Kasudin Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Budi Setiawan mengatakan, pencarian ranjau paku ini dilakukan mulai dari wilayah Semanggi hingga Cawang.

Sebut Aksi Terorisme di Indonesia Menurun Menko Hadi: Pemerintah Tak Beri Ruang

“Anggota Sudin Perhubungan Jakarta Selatan melakukan pencarian ranjau paku, sebagai respons cepat dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat, yang resah akan adanya ranjau paku di sekitar jalan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Pendiri Komunitas Sapu Bersih Ranjau Paku, Siswanto menjelaskan bahwa bulan ini timnya sedang giat melaksanakan pembersihan jalanan dari benda berbahaya tersebut.

Barista Wanita Dianiaya OTK di Jaksel, Muka Ditonjok-Leher Dicekik

Baca Juga: Waspada, Ranjau Paku Mengintai di Jakarta Selatan

“Bulan ini sedang gencar penyapuan. Ada beberapa wilayah yang masih marak terjadi tebar paku, mulai dari Jakarta Pusat hingga Jakarta Selatan,” tuturnya kepada VIVA Otomotif, Selasa 11 Agustus 2020.

Siswanto mengungkapkan, ada satu fenomena di Ibu Kota yang selama ini membuat dirinya dan tim heran. Yakni, selalu ada penyedia jasa tambal ban tidak jauh dari lokasi penyebaran ranjau paku.

“Radius 1 kilometer dari lokasi pasti ada tukang tambal ban. Bahkan di kawasan Senayan, ada empat tambal ban yang jaraknya cuma 10-15 meter. Ini enggak lazim,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya